PENGERTIAN LENDER OF THE LAST RESORT


  • Pengertian lender of the last resort itu apa sih ?
  • Apa itu lender of the last resort ?
  • Apa arti kata lender of the last resort ?
  • Apa yang dimaksud dengan lender of the last resort ?
  • Apa yang dimaksud bank indonesia sebagai lender of the last resort ?

Pengertian Lender of The Last Resort


Pengertian Lender of the Last Resort Menurut Para Ahli

Arti lender of the last resort adalah :

Definisi lender of the last resort adalah tempat sandaran terakhir peminjaman yang merupakan fungsi dari bank sentral.

Pengertian lender of the last resort adalah fungsi Bank Indonesia untuk menyediakan kredit likuiditas sehingga bank tetap dapat bisa berjalan dan beroperasi melayani nasabahnya. Dalam hal ini lender of the last resort memakai prinsip syariah kepada bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas jangka pendek yang pada umumnya terjadi dikarenakan adanya mismatch dalam pengelolaan dana.


Setiap negara memiliki bank sentral yang berfungsi untuk menjaga kestabilan perbankan di negara tersebut. Di Indonesia kita mengenal Bank Indonesia sebagai bank sentral yang berfungsi mengawal kegiatan perbankan dan menjaga kestabilan nilai mata uang. Salah satu peran penting Bank Indonesia adalah sebagai lender of the last resort atau disingkat LOLR.

Pengertian lender of the last resort adalah bentuk pinjaman yang diberikan bank sentral kepada bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas yang dapat menyebabkan krisis keuangan sistemik di dunia perbankan. Pinjaman dapat diberikan berdasarkan prinsip syariah selama maksimal 90 hari.

Bank penerima pinjaman juga harus menyediakan jaminan atau agunan yang berkualitas dan dapat dicairkan dengan mudah serta nilainya minimal sama dengan besarnya pinjaman. Di Indonesia LOLR lebih dikenal dengan BLBI atau Bantuan Langsung Bank Indonsia.

Sebuah lembaga keuangan seperti bank sangat rentan terhadap masalah kesulitan likuiditas atau kemampuan untuk memenuhi kewajiban baik terhadap nasabah yang menyimpan maupun yang meminjam. Hal ini dilatarbelakangi karena rentang waktu kegiatan simpanan dan pinjaman yang dilakukan nasabah tidak sebanding.

Nasabah cenderung menyimpan uang dalam rentang waktu singkat dan melakukan pinjaman dalam rentang waktu yang lama. Apalagi ketika nasabah beramai-ramai melakukan penarikan dana dalam jumlah besar, hal ini tentu menimbulkan kesulitan likuiditas bagi bank. Untuk itu diperlukan peran Bank Indonesia sebagai pemberi pinjaman terakhir.

Seperti yang kita ketahui Indonesia pernah mengalami krisis hebat pada tahun 1997/1998. Selama krisis ini Bank Indonesia telah menyalurkan BLBI dalam jumlah besar untuk menjaga kestabilan perbankan. Akan tetapi hal ini masih menjadi kontroversi hingga saat ini, tidak hanya karena jumlah dana yang sangat besar, juga karena BLBI diwarnai oleh isu korupsi dan penyimpangan-penyimpangan lain.

Ada dua jenis LOLR yaitu LOLR normal dan LOLR krisis. LOLR normal merupakan pinjaman yang bersifat sementara dan bank penerima pinjaman harus menyediakan jaminan yang cukup. LOLR normal ini ditujukan agar sistem pembayaran dan stabilitas moneter tetap lancar dan stabil.

LOLR krisis diberikan dalam keadaan darurat ketika kondisi sebuah bank dapat menyebabkan resiko yang bersifat sistemik bagi dunia perbankan secara keseluruhan. LOLR ini dapat diberikan kepada bank yang jaminannya kurang dan insolvent tetapi ada jaminan dari pemerintah.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian lender of the last resort Bank Indonesia secara umum ya ! Lihat juga pengertian kufur nikmat dan contohnya 🙂