PENGERTIAN LETTER OF CREDIT (L/C)


  • Pengertian letter of credit (l/c) itu apa sih ?
  • Apa itu letter of credit ? Apa arti kata letter of credit ?
  • Apa yang dimaksud dengan letter of credit ?
  • Apa jenis-jenis letter of credit ?

Pengertian Letter of Credit


Pengertian Letter of Credit Menurut Para Ahli

Arti letter of credit adalah :

Pengertian letter of credit adalah suatu janji akan dilakukannya suatu pembayaran apabila syarat- syarat tertentu telah terpenuhi (Sunaryati Hartono)

Definisi letter of credit adalah suatu janji pembayaran dari bank penerbit, yang mana dalam hal ini bank penerbit akan melakukan pembayaran kepada penerima baik itu secara langsung maupun tidak langung atas instruksi pemohon yang ditandai dengan penyerahan dokumen dokumen seperti faktur, konosemen, sertfikat  asuransi dan berbagai dokumen lainnya yang sesuai dengan persyaratan L/C. (Uniform Customs & Practice for Documentary Credits)


Dasar dari sebuah transaksi perdagangan adalah kepercayaan. Untuk mendukung hal ini maka diperlukan sebuah janji pembayaran dari pembeli kepada penjual bahwa pembeli akan membayar sejumlah uang sesuai dengan harga yang disepakati setelah barang diterima. Dalam dunia yang semakin terhubung seperti sekarang transaksi perdagangan yang terjadi sudah menjangkau jarak yang sangat jauh. Dua orang pembeli dan penjual yang belum pernah bertemu dan tidak saling mengenal dapat bertransaksi dalam jumlah besar. Agar kedua pihak merasa aman dan terlindungi maka diperlukan sebuah mekanisme untuk mendukung hal ini.

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh pihak bank adalah Letter of Credit atau L/C. Sesuai namanya L/C berarti surat hutang yaitu janji pembayaran yang akan dilakukan pembeli kepada penjual dengan syarat-syarat tertentu.

Penjual dan pembeli yang berada dalam lokasi berbeda tentu tidak dapat melakukan transaksi perdagangan dengan cara biasa. Pembeli tidak mau langsung mengirim uang jika barang belum diterima dengan baik dan jumlah yang sesuai. Begitupula penjual tidak akan bersedia mengirim barang jika belum jelas pembayaran yang akan diterimanya.

Untuk itu pembeli atau importir dapat meminta bank di tempatnya untuk mengeluarkan L/C sehingga penjual atau eksportir dapat menarik pembayaran setelah barang yang dipesan pembeli beserta dokumen-dokumennya dikirimkan tanpa harus menunggu kabar dari pembeli bahwa barang sudah diterima asalkan penjual dapat menunjukkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Secara singkat proses yang terjadi dalam penggunaan L/C adalah sebagai berikut. Pertama pembeli atau applicant meminta bank untuk membuka sebuah L/C atas nama penjual atau beneficiary. Setelah itu bank memeriksa syarat-syarat applicant sebagai importir, jika sudah lengkap barulah bank (disebut juga opening atau issuing bank) mengeluarkan L/C yang diminta.

Karena beneficiary berlokasi di negara berbeda maka diperlukan bank perantara atau advising bank yang akan memberitahukan pembukaan L/C kepada beneficiary. Beneficiary kemudian mengirimkan barang melalui carrier dan mendapatkan bill of lading sebagai bukti pengiriman barang. Bill of lading tersebut dapat digunakan beneficiary untuk mendapatkan pembayaran dari bank (disebut juga paying bank). Setelah itu bill of lading diserahkan kepada applicant untuk digunakan sebagai dokumen ketika mengambil barang dari pihak carrier.

Dapat kita lihat bahwa kepentingan kedua belah pihak penjual dan pembeli dilindungi sehingga keduanya dapat bertransaksi tanpa rasa was-was. Adapun jenis letter of credit diantaranya :

  • Usance Letter of Credit
  • Revolving Letter of Credit
  • Sight Letter of Credit
  • Unrestricted Letter of Credit
  • Transferable Letter of Credit
  • Revocable Letter of Credit
  • Irrevocable Letter of Credit
  • Restricted Letter of Credit
  • Red clause Letter of Credit dsb

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian letter of credit dan contohnya. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian letter of credit secara umum ya ! Lihat juga pengertian lender of the last resort 🙂