PENGERTIAN LOGAM MULIA DAN CONTOHNYA


  • Pengertian logam mulia dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu logam mulia emas ?
  • Apa arti kata logam mulia ?
  • Apa yang dimaksud dengan logam mulia ?
  • Apa saja jenis logam mulia ?

Pengertian Logam Mulia


Pengertian Logam Mulia Menurut Para Ahli

Arti logam mulia adalah :

Pengertian logam mulia adalah jenis logam yang tahan terhadap oksidasi dan korosi. Sifat logam mulia adalah tahan banting, tidak berkarat, langka dan tidak berubah fisik menjadi busuk, lapuk ataupun robek. (Ella Syafputri : 2012)

Definisi logam mulia adalah logam yang tahan korosi dan oksidasi serta langka sehingga diburu oleh manusia. (Bambang Triono : 2012)


Logam adalah salah satu unsur kimia yang ada di alam yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu jenis logam yang culup populer dan dicari banyak orang adalah emas yang termasuk dalam kategori logam mulia.

Secara umum, pengertian logam mulia adalah jenis logam yang umumnya berharga tinggi karena ketersediaannya di alam langka, berwarna bagus, dan lunak. Selain itu logam ini juga tahan terhadap oksidasi dan korosi atau perkaratan seperti yang terjadi pada besi serta sangat sulit bereaksi dengan asam.

Meskipun demikian, ada jenis-jenis logam mulia seperti emas yang dapat bereaksi atau dilarutkan dengan akua regia yaitu asam nitrat yang dicampur dengan asam klorida dalam bentuk pekat. Contoh logam mulia adalah emas, perak, platina, ruthenium, rhodium, palladium, osmium, dan lain sebagainya.

Logam mulia banyak digunakan sebagai perhiasan atau dijadikan mata uang karena harganya yang tinggi seperti emas dan perak. Bisa juga digunakan sebagai bahan-bahan tahan karat seperti penggunaan lapisan perak pada PCB atau printed circuit board dalam rangkaian elektronika dan sebagai katalis yang dapat mempercepat laju sebuah reaksi kimia seperti platinum yang digunakan sebagai katalis dalam industri minyak bumi.

Siapa yang tidak tahu dengan emas. Sejak zaman dahulu logam ini sudah diyakini sebagai logam mulia sehingga sudah digunakan sebagai perhiasan dan mata uang. Warnanya yang kuning dan berkilat, lunak, dan elastis sehingga sangat cocok dijadikan perhiasan. Bahkan nilai emas digunakan sebagai standar keuangan di berbagai negara di dunia. Coba saja kita tengok berbagai cerita mengenai harta karun yang kebanyakan berupa emas.

Platinum juga termasuk logam yang langka di alam dan berharga tinggi. Dapat ditemukan di Kanada, Rusia, Afrika Selatan, dan lain-lain. Logam ini berwarna keperakan dan menyilaukan sehingga juga digunakan sebagai perhiasan. Selain itu platina juga dimanfaatkan untuk peralatan laboratorium, senjata, peralatan kedokteran gigi, katalis, dan lain sebagainya.

Seperti logam pada umumnya rhodium berwarna keperakan. Logam ini selain tahan dengan korosi juga bersifat sangat reflektif sehingga mampu memantulkan cahaya dan titik lelehnya sangat tinggi yaitu 1.963°C. Logam ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan lampu sorot, cermin, dan menyempurnakan perhiasan. Bersama-sama platinum dan palladium logam ini dimanfaatkan sebagai katalis dalam bidang otomotif untuk mengontrol emisi gas buang.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian logam mulia dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian wholesaler dan retailer 🙂