PENGERTIAN MANDOR


  • Pengertian mandor proyek itu apa sih ?
  • Apa itu mandor ? Apa arti kata mandor ?
  • Apa yang dimaksud dengan mandor ?
  • Apa pengertian mandor bangunan ?

Pengertian Mandor


Pengertian Mandor Menurut Para Ahli

Arti mandor adalah :

Pengertian mandor adalah seseorang yang mengawasi tukang pada saat bekerja di suatu proyek konstruksi. (Ervianto : 2002)

Definisi mandor adalah orang yang tugasnya memimpin beberapa tukang sekaligus mengawasi pekerjaan mereka. Mandor pada umumnya diberi tugas oleh kontraktor (pemborong). (Heinz Frick : 2001)

Pengertian mandor bangunan adalah staf kontraktor yang mengawasi pelaksanaan pekerjaan lapangan serta bertanggung jawab penuh kepada Pelaksana Teknis Lapangan.


 Salah satu fungsi penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan atau lingkungan kerja adalah fungsi pengawasan. Fungsi ini salah satunya digunakan untuk menjamin karyawan bekerja dengan baik serta sesuai dengan aturan dan SOP (Standar Operasional Prosedur). Jika ada karyawan yang kinerjanya kurang baik, tidak sesuai aturan dan SOP, atau tidak disiplin dapat diingatkan atau dibimbing oleh bagian pengawasan.

Salah satu posisi atau jabatan yang berkaitan dengan pengawasan adalah posisi mandor. Secara umum, pengertian mandor adalah sebutan untuk orang yang bertugas mengepalai, mengawasi, dan bertanggung jawab terhadap sekelompok orang atau pekerja, khususnya pekerja di lapangan. Contohnya seperti mandor perkebunan, mandor proyek konstruksi, mandor bangunan, dan lain sebagainya.

Seberapa besar peran, wewenang, dan tanggung jawab seorang mandor ditentukan oleh perusahaan tempat ia bekerja. Ada perusahaan yang memberi wewenang kepada mandor hanya sebatas pengawasan. Ada pula perusahaan yang mempercayakan pengawasan, penanganan masalah di lapangan, hingga merangkap manajer sumber daya manusia dimana ia berhak menentukan pekerja mana yang kinerjanya baik, pekerja mana yang perlu dibimbing, atau pekerja mana yang tidak bisa dibina lagi.

Untuk itu menjadi seorang mandor tidaklah mudah. Berawal dari pekerja biasa yang sudah bekerja sekian lama sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam bidang kerja tersebut sehingga ia dianggap mampu membawahi beberapa pekerja lainnya.

Misalnya saja seorang mandor bangunan, ia dituntut harus menguasai berbagai teknik pertukangan seperti mengaduk semen, membuat pondasi, dan memasang keramik sehingga jika ada pekerjanya yang masih baru dan belum menguasai teknik pertukangan dengan baik dapat dibimbingnya. Selain itu dengan kemampuan yang dimilikinya ia dapat memeriksa hasil pekerjaan para pekerja, apa sudah benar atau belum.

Selain kemampuan teknis seorang mandor juga memerlukan kemampuan manajerial, jiwa kepemimpinan, dan kemampuan pemecahan masalah. Karena kita tahu bahwa pekerjaan di lapangan penuh risiko dan selalu tidak terduga. Ada-ada saja situasi-situasi mendadak yang harus segera diselesaikan jika tidak ingin pekerjaan terbengkalai. Misalnya mandor perkebunan sawit. Ketika sedang masa panen rupanya ada beberapa orang pekerja yang tidak masuk sementara masa panen sudah mepet. Ia harus mampu mencari jalan keluarnya agar panen selesai tepat waktu sehingga perusahaan tidak merugi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian mandor proyek bangunan. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mandor dan tugasnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian pro environment 🙂