PENGERTIAN MANIFESTASI


  • Pengertian manifestasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu manifestasi ? Apa arti kata manifestasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan manifestasi ?
  • Apa pengertian manifestasi klinis ?
  • Apa pengertian manifestasi hukum ?

Pengertian Manifestasi


Pengertian Manifestasi Menurut Para Ahli

Arti manifestasi adalah :

Pengertian manifestasi adalah ide, konsep, ataupun pemikiran untuk mewujudkan sesuatu secara menyeluruh.

Definisi manifestasi adalah tindakan yang jelas memperlihatkan atau mewujudkan sesuatu yang abstrak atau teoritis.


Setiap orang memiliki konsep, ide, ataupun pemikiran mengenai segala sesuatu. Segala macam konsep ini bisa diwujudkan dalam bentuk nyata, tergantung orang tersebut. Ada orang yang ide-idenya cemerlang akan tetapi tidak pernah diwujudkan dalam aksi nyata. Ada pula orang yang idenya biasa saja tetapi ia mampu mewujudkannya sehingga memberi manfaat bagi dirinya dan orang sekitar.

Secemerlang apapun sebuah konsep jika tidak diwujudkan tidak akan ada artinya. Misalnya konsep mengenai saluran irigasi yang efektif. Konsep ini jika dapat diwujudkan dalam bentuk nyata tentu sangat bermanfaat bagi para petani di daerah tersebut.

Perwujudan dalam bentuk nyata dari sesuatu yang tidak kelihatan seperti ide, konsep, pemikiran, cita-cita, ataupun perasaan disebut dengan MANIFESTASI.

Kata manifestasi dapat diberi imbuhan menjadi memanifestasikan dan termanifestasi. Kata memanifestasikan merupakan kata kerja yang berarti perbuatan mewujudkan sesuatu yang tidak tampak seperti konsep atau ide menjadi bentuk nyata yang dapat dilihat. Kata termanifestasi juga merupakan kata kerja yang berarti terwujudnya sesuatu yang tidak tampak menjadi bentuk nyata yang dapat dilihat oleh mata.

Contohnya seseorang yang sangat mencintai kekasihnya akan menunjukkan rasa sayangnya dengan memperlakukan kekasihnya dengan baik, melindunginya, menghormatinya, dan menjaga kesetiaannya.  Rasa sayang seseorang termanifestasi dalam bentuk perlakuannya kepada sang kekasih.

Ada juga istilah manifestasi klinis dalam bidang kesehatan. Pengertian manifestasi klinis adalah gejala klinis yang ditemukan mengenai suatu penyakit yang diderita seseorang. Atau dapat juga berarti perkembangan dan dampak yang muncul dari perkembangan satu atau beberapa penyakit di dalam tubuh.

Untuk mengetahui penyakit yang diderita, dokter perlu melihat gejala-gejala klinis yang timbul pada tubuh pasien seperti demam tinggi, badan lemas, lesu, cepat lelah, tidak nafsu makan, pilek, batuk, dan masih banyak lagi. Dokter harus sangat teliti melihat gejala-gejala ini agar dapat memberikan diagnosa yang tepat karena kesalahan diagnosa sebuah penyakit sangat berbahaya.

Dalam bidang hukum juga dikenal istilah manifestasi hukum. Hoebel dan Lwellyn, ahli antropologi dan sarjana hukum, menjelaskan tiga bentuk manifestasi hukum. Pertama merupakan aturan dalam masyarakat yang sudah kompleks atau berupa cita-cita yang dirumuskan orang-orang arif dalam masyarakat. Kedua merupakan pola-pola tindakan yang aktual suatu masyarakat. Dan ketiga prinsip yang diturunkan dari keputusan pemegang otoritas hukum ketika menyelesaikan masalah yang terjadi dalam masyarakat.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian manifestasi dan contohnya. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian manifestasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian makar 🙂