PENGERTIAN MANUVER


  • Pengertian manuver kendaraan itu apa sih ?
  • Apa itu manuver ? Apa arti kata manuver ?
  • Apa yang dimaksud dengan manuver politik ?
  • Apa manuver dalam kebidanan ?
  • Apa pengertian manuver kapal ?

Pengertian Manuver


Pengertian Manuver Menurut Para Ahli

Arti manuver adalah :

Pengertian manuver adalah suatu bentuk gerakan, tipu muslihat, kelicikan, ataupun siasat. (John M. Echols, Kamus Inggris-Indonesia, hal. 372).

Definisi manuver adalah gerakan yang bertujuan untuk mengubah posisi dan mengarahkan obyek, atau suatu gerakan yang  mencoba membuat seseorang bertindak dengan cara tertentu. Contohnya manuver mobil yang berarti gerakan belok kiri dan kanan serta maju dan mundur.

Pengertian manuver kapal adalah suatu bentuk kemampuan kapal untuk dapat melakukan gerakan (perubahan posisi dan kecepatan kapal) dibawah kendali operator kapal. Kapal banyak melakukan manuver dikarenakan faktor arus, gelombang, angin, dan kedalaman perairan.

Pengertian manuver politik adalah suatu gerakan yang bertujuan untuk merebut kekuasaan secara cepat, tepat dan tangkas.

Pengertian manuver zavanelli adalah sebuah bentuk manuver obstetrik dengan melakukan dorongan kembali kepala janin ke dalam jalan lahir untuk kemudian dilakukan operasi caesar dalam kasus distosia bahu. Manuver zavanelli ini hanya akan dilakukan apabila percobaan manuver lainnya telah gagal dan juga karena tingginya risiko untuk ibu dan janinnya.

Pengertian manuver arsip adalah proses penyusunan kembali arsip sesuai urutan yang berdasarkan pada skema arsip. Hal ini bertujuan supaya informasi yang terdapat pada Daftar Arsip
Statis menjadi tersusun secara teratur dan sistematis sehingga mempermudah penggunanya dalam menelusuri arsip statis.


Dalam keseharian, kita sering kali mendengar istilah manuver. Hal pertama yang mungkin terlintas di benak kita ketika mendengar istilah ini adalah hal-hal berbau kemiliteran, seperti perang atau pergerakan suatu pasukan. Namun, kita acap kali juga mendengar istilah seperti manuver politik, manuver bisnis, dan sebagainya. Sebenarnya, apa sih definisi dari istilah ‘manuver’ itu sendiri?

Istilah manuver diperkirakan muncul pada  pertengahan abad ke-18, dari bahasa perancis “meneuvre”  yang berarti ‘pekerjaan yang dilakukan dengan tangan’. Namun, ada pula yang meyakini jika asal mula istilah manuver berasal dari bahasa latin “manuopera / manuoperare” yang berarti melakukan pekerjaan secara manual.

Awalnya istilah manuver digunakan untuk menggambarkan sebuah gerakan taktis yang terencana dari suatu pasukan. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, manuver didefinisikan sebagai gerakan yang sifatnya tangkas dan cepat dari pasukan (kapal dsb) dalam perang. Selain itu, KBBI juga mendefinisikan manuver sebagai latihan perang dalam skala besar pasukan, kapal, dan kekuatan lain oleh militer.

Pengunaan istilah manuver saat ini tidak hanya terbatas manuver militer seperti yang disebutkan dalam KBBI. Istilah manuver telah berkembang dan memiliki beberapa arti tergantung pada penggunaannya. Berikut ini beberapa definisi istilah manuver berdasarkan penggunaannya :

1) Manuver bertindak sebagai ‘kata benda’.

a) Yaitu sebuah gerakan atau serangkaian pergerakan yang membutuhkan keterampilan yang telah direncanakan secara matang. Pengertian ini merupakan pengertian manuver yang diyakini pada umumnya. Contoh penggunaannya pada kalimat:

  • Valentino Rossi memperlihatkan sebuah manuver yang berani untuk mendahului Marc Marquez di tikungan terakhir tadi.

b) Yaitu skema tindakan licik yang terencana yang bertujuan untuk menipu lawan. Contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Pemerintah telah menetapkan kebijakan ekonomi yang diharapkan mampu memutup segala kemungkinan manuver yang bisa terjadi.

c) Yaitu sebuah latihan militer yang melibatkan pasukan, kapal, dan kekuatan militer lain dalam skala besar. Contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Terlihat setidaknya 20 puluh armada perang dilibatkan dalam manuver Rusia kali ini.

2) Manuver bertindak sebagai ‘kata kerja’.

a) Yaitu bergerak dengan terampil. Contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Truk tidak dapat manuver dengan mudah di jalanan sempit.
  • Mobil itu didesain untuk memungkinkan manuver dilakukan di jalanan lumpur maupun sungai dangkal.

b) Memanipulasi seseorang atau situasi secara terencana dan hati-hati untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

  • Partai Demokrat melakukan manuver politik menjelang Pemilukada DKI Jakarta dengan mengusung Agus Yudhoyono sebagai bakal calon gubernur.
  • Canon melakukan manuver bisnis dengan mengakuisisi Milestone dan Axis Communication demi menguasai pangsa pasar video surveillance.

Oke demikian penjelasan mengenai definisi manuver dan penggunaannya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian manuver dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian favorit 🙂