PENGERTIAN MATRILOKAL DAN CONTOHNYA


  • Pengertian matrilokal dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu matrilokal ? Apa arti kata matrilokal ?
  • Apa yang dimaksud dengan matrilokal ?

Pengertian Matrilokal


Pengertian Matrilokal Menurut Para Ahli

Arti matrilokal adalah :

Pengertian matrilokal adalah sepasang suami istri yang bermukim di sekitar atau tinggal serumah bersama dengan keluarga sedarah istri. (Harlinawati : 2013)


Setelah menikah, pasangan suami istri biasanya akan mulai memikirkan tempat tinggal baru. Bahkan bagi yang memiliki kelebihan harta atau karena kondisi pekerjaan biasanya sudah langsung menempati tempat tinggal baru, apakah dengan menyewa atau membeli rumah. Apalagi di daerah perkotaan dimana kebanyakan merupakan warga pendatang sehingga jika menikah biasanya mereka akan langsung mengontrak rumah karena rumah orangtua masing-masing berada jauh di daerah lain sementara mereka bekerja di kota.

Hal ini berbeda dengan masyarakat pedesaan yang kebanyakan anak-anaknya masih tinggal dengan orangtua. Ketika si anak menikah dan belum mampu memiliki tempat tinggal biasanya mereka akan menumpang sementara di rumah orangtua, apakah di rumah orangtua pihak laki-laki atau pihak perempuan, tergantung kesepakatan. Namun setiap daerah memiliki adat masing-masing yang akan menentukan dimana pasangan suami istri yang telah menikah akan menetap.

Daerah yang menganut pola menetap matrilokal mengatur bahwa pasangan suami istri yang telah menikah bertempat tinggal di rumah atau di sekitar rumah keluarga dari pihak perempuan. Kalaupun sudah mampu memiliki rumah sendiri adat ini mengatur pasangan tersebut untuk membangun rumah di sekitar rumah keluarga pihak perempuan.

Daerah yang menganut pola menetap matrilokal biasanya merupakan daerah yang menganut sistem kekerabatan matrilineal dimana garis keturunannya diambil dari pihak perempuan. Karena tinggal berdekatan dengan keluarga dari pihak perempuan otomatis anak keturunannya secara personal akan lebih dekat dengan keluarga pihak perempuan. Diantara suku bangsa yang menjalankan adat ini adalah suku Minangkabau di Sumatera Barat dan suku Mimika di Irian Jaya.

Pola menetap matrilokal ini dipandang menguntungkan bagi pihak perempuan karena mereka tidak perlu beradaptasi lagi dengan keluarga baru dan tidak merasa canggung. Apalagi jika nantinya hamil dan melahirkan dimana kondisi perempuan sangat lemah dan butuh istirahat dalam waktu lama sehingga peran ibu sangat dibutuhkan yang akan membantu dan membimbing mengenai tata cara mengurus anak. Ibu mertua juga bisa berperan seperti layaknya ibu kandung akan tetapi tentu masih ada rasa canggung dan segan.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian matrilokal dan contohnya. mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian matrilokal dan patrilokal secara umum ya ! Lihat juga pengertian xenosentrisme dan contohnya 🙂