PENGERTIAN MEKANISME


  • Pengertian mekanisme dan contohnya itu apa sih ?
  • Aapa itu mekanisme kerja? Apa arti mekanisme pasar ?
  • Apa yang dimaksud dengan mekanisme pasar ?
  • Apa pengertian mekanisme persalinan ?
  • Apa pengertian mekanisme pasar ?

Pengertian Mekanisme


Pengertian Mekanisme Menurut Para Ahli

Arti mekanisme adalah :

Pengertian mekanisme adalah suatu rangkaian kerja sebuah alat yang digunakan dalam menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan proses kerja, tujuannya adalah untuk menghasilkan hasil yang maksimal serta mengurangi kegagalan. (Moenir : 2001)

Definisi mekanisme adalah cara kerja dan seluk beluk suatu alat, perkakas dsb. (Poerwadarmita : 2003)

Pengertian mekanisme adalah interaksi bagian satu dengan bagian lainnya dalam suatu sistem secara keseluruhan untuk menghasilkan fungsi atau kegiatan sesuai dengan tujuan. (Bagus : 1996)


Mekanisme menjadi satu kata yang teramat sering digunakan saat ini. Ada banyak pengertian tentang mekanisme dengan konteks yang berbeda. Pada dasarnya, mekanisme berasal dari bahasa Yunani mechane yang berarti instrument, mesin pengangkat beban, peralatan yang digunakan untuk membantu sesuatu dan juga perangkat. Mekanisme juga berasal dari kata mechos yang berarti sarana serta cara untuk menjalankan sesuatu. Secara umum, mekanisme memiliki empat pengertian berbeda.

Pengertian yang pertama, Mekanisme dalam dunia teknik menurut KBBI. Mekanisme dalam dunia teknik memiliki arti penggunaan mesin; alat-alat dari mesin; hal kerja mesin. Lebih jelasnya, mekanisme dalam dunia teknik digunakan untuk menjelaskan sebuah teori yang berhubungan dengan gejala yang diperinci dengan menggunakan prinsip-prinsip yang bisa digunakan dalam menjelaskan sistem kerja mesin-mesin tanpa menggunakan bantuan inteligensi sebuah sebab ataupun juga prinsip kerja.

Pengertian mekanisme yang kedua menurut KBBI juga bisa berarti cara kerja. Cara kerja ini juga lebih kepada bagaimana sebuah mesin bisa saling bekerja dengan melalui sistem yang ada didalamnya. Mekanisme melihat bagamana setiap fungsi dari bagian-bagian yang ada pada sistem secara keseluruhan.

Pegertian meyang ketiga, menurut KBBI mekanisme dalam psikologi memiliki arti sebagai penyesuaian. Cara bagaimana seseorang bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang ia miliki saat ini. Dari pengertian ini, mekanisme juga bisa diartikan sebagai cara untuk melihat dan juga menggambarkan sebuah interaksi antara satu bagian dengan bagian yang lain pada suatu sistem tertentu.

Pengertian mekanisme yang keempat, mekanisme adalah upaya untuk memberikan satu penjelas tentang sistem mekanisme, berupa gerak setempat yang terjadi pada sebuah alat yang tidak bisa diubah baik itu dengan mengubah struktur internal ataupun dengan menggunakan benda dari alam.

Mekanisme dalam psikologi menurut KBBI juga berarti sebuah pertahanan. Hal ini lebih kepada bagaimana seseorang melakukan penyesuaian dari pengendalian diri mereka sendiri. Pertahanan ini juga menyangkut tentang bagaimana seseorang mengendalikan kualitas pribadi dan juga berbagai dorongan yang bisa menjadi hal yang merendahkan diri hingga mempengaruhi rasa cemas yang semakinn bertambah.

Pengertian mekanisme pasar adalah cara kerja suatu pasar yang didasarkan pada sistem pasar yang ada. Sistem pasar saat ini adalah sistem pasar bebas yang memakai prinsip “lassez faire et laissez le monde va de lui meme” yang artinya “biarkan dia berbuat dan berjalan, dunia akan mengurus dirinya sendiri”.  Secara umum mekanisme pasas berarti proses penentuan suatu harga berdasarkan tingkat permintaan dan penawaran.

Pengertian mekanisme dalam ekonomi adalah suatu cara untuk mencapai tujuan ekonomi tertentu, yaitu berupa kesejahteraan masyarakat di dunia.

Pengertian mekanisme dalam biologi adalah kondisi dimana makhluk hidup mampu melakukan sesuatu hal tertentu dengan benar secara otomatis, atau sesuatu hal tersebut sudah merupakan kebiasaan.

Pengertian mekanisme transaksi adalah cara kerja atau proses yang digunakan untuk melakukan suatu transaksi jual beli. Contohnya dalam transaksi jual beli online, mekanisme transaksinya adalah si pembeli membayar terlebih dahulu ke penjual, kemudian barang akan dikirimkan ke alamat pembeli.

Pengertian mekanisme persalinan adalah suatu bentuk adaptasi janin dengan jalan lahir selama proses penurunan, proses putaran dan penyesuaian lainnya yang terjadi selama proses kelahiran manusia (Bobak : 2004)


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian mekanisme dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mekanisme secara umum ya ! Lihat juga pengertian komplain 🙂