PENGERTIAN MEMORANDUM


  • Pengertian memorandum dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu memorandum ? Apa arti kata memorandum ?
  • Apa yang dimaksud dengan memorandum ?
  • Apa isi memorandum & fungsi memorandum ?
  • Apa ciri ciri memorandum ?

Pengertian Memorandum


Pengertian Memorandum Menurut Para Ahli

Arti memorandum adalah :

Pengertian memorandum adalah suatu bentuk surat tanpa “kop” yang biasa digunakan oleh lingkungan internal perusahaan baik itu yang berada di kantor pusat maupun di kantor cabang.

Pengertian Memorandum of Understanding (M.O.U) adalah suatu nota atau surat peringatan tak resmi yang digunakan sebagai bentuk komunikasi yang isinya mengenai saran, arahan dan penerangan. (Andi Hamzah, Kamus Hukum : 1986)


Memorandum atau sering dikenal juga dengan memo merupakan surat dengan isi yang sangat singkat. Memo ini bisa saja menjadi media komunikasi tertulis seperti surat namun ditulis dengan lebih padat, singkat dan jelas. Isi dari memo tidak bertele-tele dan langsung berisikan maksud dari pengirim memo tersebut. Yang membedakan antara memo dan surat bisa dilihat dari isinya. Memo tidak memerlukan bagian surat seperti salam pembuka dan juga salam penutup namun langsung ke inti dari maksud saja.

Ada banyak sekali isi dari memo biasanya memo ini digunakan menjadi media komunikasi tertulis informal yang berisi tentang permintaan, permohonan, pemberitahuan, perintah arahan ataupun sesuatu hal yang harus dilakukan segera mungkin. Memo bisa saja dibuat dengan cara ditulis ataupun dengan cara di print out.

Memo memilki dua bentuk yang berbeda. Pertama adalah memo resmi, memo resmi adalah memo yang digunakan dan dikeluarkan oleh instansi, lembaga ataupun organisasi. Memo resmi merupakan memo yang ditujukan juga untuk lembaga, instansi ataupun orang yang ada pada instansi, lembaga atau organisasi tersebut. Sedangkan memo yang kedua adalah memo dengan bentuk tidak resmi. Memo ini lebih ke memo yang tidak digunakan dalam organisasi, instansi ataupun lembaga. Ada juga memo pribadi, memo ini lebih ditujukan kepada orang dekat pengirim yaitu untuk teman ataupun keluarga.

Memo resmi yang ada pada organisasi, instansi ataupun lembaga terbagi lagi menjadi dua bagian. Pertama, memo vertical memo ini merupakan memo yang dibuat atasan. Kedua, memo horizontal, dimana memo ini digunakan bagi orang yang ada dalam instansi, organisasi atau lembaga dengan kedudukan yang sama. Memo hanya dibuat oleh pihak dengan kedudukan yang lebih tinggi untuk pihak yang memiliki kedudukan yang lebih rendah ataupun yang setara jika digunakan dalam instansi ataupun lembaga.

Meskipun merupakan pesan yang singkat namun memorandum juga memiliki struktur dan bagian-bagian yang ada didalamnya. Pada bagian kepala memo berisi nama pengirim dan nama penerima. Pada bagian badan memo berisi isi memo. Kemudian pada bagian terakhir, pada kaki memo berisi dari tanda tangan dan juga nama jelas pembuat memo.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian memorandum dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian memorandum dalam bahasa inggris secara umum ya ! Lihat juga pengertian mekanisme 🙂