PENGERTIAN MIC CONDENSER


  • Pengertian mic condenser itu apa sih ?
  • Apa itu mic condenser ? Apa arti kata mic condenser ?
  • Apa yang dimaksud dengan mic condenser ?
  • Apa perbedaan mic dynamic dan condenser ?
  • Bagaimana cara menggunakan mic condenser ?

Pengertian Mic Condenser


Pengertian Mic Condenser Menurut Para Ahli

Arti mic condenser adalah :

Pengertian mic condenser adalah mikrofon yang terdiri dari kapasitor dengan lempeng / plat tetap di dalamnya yang membentuk diafragma dan akan bekerja jika ada gelombang suara yang masuk tepat mengenai ruang antara membran tipis dari lempeng plat tersebut. Mic condenser sifatnya lebih sensitif ketimbang mic dynamic.


Microphone atau sering didengar dengan istilah mic memang terbagi menjadi beragam jenis. Salah satu jenis yang paling sering digunakan adalah mic condenser. Bentuk dari mic condenser ini memiliki design yang bulat dan dengan tampilan yang kecil. Pada bagian dalamnya, mic condenser ini terdapat dua buah plat dengan design yang sangat tipis. Dua plat ini berguna sebagai diafragma yang nantinya berfungsi untuk menerima setiap getaran-getaran yang berasal dari luar atau juga getaran yang disebabkan karena danya perbedaan tekanan udara sehingga menghasilkan getaran.

Sistem kerja dari mic condenser adalah setiap getaran yang masuk ke dalam mic condenser ini kemudian diterima oleh plat yang ada didalamnya tadi. Hal inilah kemudian yang menyebabkan mic condenser bisa merespon suara yang memiliki jarak yang jauh ataupun suara yang juga memiliki frekuensi yang tinggi. mic condenser ini tidak akan bisa bekerja jika tidak mendapatkan tegangan. Berbeda dengan jenis mic lainnya atau seperti mic dynamic. Namun, tegangan yang dibutuhkan untuk mic condenser ini meruapkan tegangan yang kecil dan tidak besar.

Tampilan yang paling umum dari mic condenser ini adalah diafragma yang dimiliki oleh mic jenis ini terbuat dari bahan logam dan didesign dengan cara digantungkan. Logam yang digantungkan ini merupakan logam yang statis. Jarak antara logam dan juga plat haruslah  memiliki jarak yang dekat kemudian kedua bagian ini akan memiliki tampilan yang tampilan yang terisolasi seperti kapasitor. Oleh karena itu, mic condenser ini juga sering disebut sebagai capacitor micropohone.

Sistem operasinya dari mic condenser ini juga lebih menggunakan prinsip operasi elektrostatik dan bukan elektromagnetik. Dengan pengaturan jarak yang pas pada dua logam piring tersebut yang kemudian akan menjadikan perubahan listrik yang juga disebut sebagai kapasitansi. Dan untuk mendapatkan sinyal yang dihantarkan, mic condenser ini tentunya memerlukan arus listrik yang juga dikenal sebagai phantom power. Arus listrik yang dibutuhkan oleh mic condenser ini paling tidak berukuran 11-52 VDC atau sekitar 48 Volt. mic condenser biasanya banyak digunakan untuk keperluan studio karena memang memiliki sifat yang lebih peka yang cukup tinggi terhadap suara yang keras.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian mic condenser. Mudah-mudahan kalian bisa memahami rangkaian mic condenser serta perbedaan mic dynamic dan condenser secara umum ya ! Lihat juga pengertian memorandum 🙂