PENGERTIAN MIMIK DALAM DRAMA


  • Pengertian mimik dalam drama itu apa sih ?
  • Apa itu mimik ? Apa arti kata mimik ?
  • Apa yang dimaksud dengan mimik saat membaca atau bercerita?

Pengertian Mimik


Pengertian Mimik Menurut Para Ahli

Arti mimik adalah :

Pengertian mimik adalah ekspresi wajah yang dibentuk dari satu atau lebih gerakan otot pada wajah saat memainkan peran atau pada saat berbicara.

Definisi mimik adalah suatu bentuk komunikasi non-verbal yang bertujuan untuk menyampaikan dan mengekpresikan emosi seseorang kepada orang yang melihatnya.


Pengertian mimik dalam drama adalah ekspresi dari gerak-gerik wajah pemain drama. Ekspresi sedih, marah, senang disebut dengan mimik. Mimik berperan untuk memperjelas maksud dialog yang diucapkan oleh pemain, sehingga penonton dapat menafsirkan bagaimana suasana hati pemain saat mengucapkan dialog. Semua ekspresi dapat dijelaskan dengan mimik.

Dalam membaca atau bercerita, mimik berarti mengekspresikan wajah sesuai dengan cerita yang kita baca. Apabila kita membaca kata-kata seperti bahagia, indahnya, luar biasa dsb maka wajah kita juga harus menunjukkan rasa penuh kesenangan dan kebahagiaan. Contoh lainnya bisa kamu lihat di pembawa acara berita TV, apabila si pembaca berita membacakan berita tentang musibah bencana alam banjir, kebakaran atau gempa bumi mereka pasti tidak akan menunjukkan mimik bahagia bukan ?

Di dalam pertunjukkan drama, mimik menjadi salah satu hal yang berperan penting agar pertunjukkan drama dapat berlangsung dengan hidup dan dinikmati oleh penonton. Dalam drama monolog (drama yang berisi percakapan antara tokoh dengan dirinya sendiri), mimik harus tetap ditunjukkan dengan jelas agar penonton dapat mengerti maksud dari drama monolog tersebut.

Contoh mimik dalam drama adalah seorang tukang kebun yang kaget dan ketakutan saat menemukan mayat seorang wanita dibalik semak-semak. Pasti mimik dari pemeran tukang kebun akan menampilkan ekspresi kaget, ketakutan dan bahkan berteriak. Hal tersebut harus jelas agar penonton juga dapat merasakan apa yang sedang dialami oleh pemain.

Mimik adalah salah satu bagian dalam drama. Selain mimik, ada bagian lain yang berperan penting dalam pembuatan drama, yaitu babak, adegan, prolog, epilog, monolog, dialog, gestur, bloking, improvisasi, dan lain sebagainya.

Mimik diperagakan oleh pemain drama. Dan seorang pemain drama yang baik pasti akan berusaha untuk membuat mimik yang sempurna demi kelancaran pertunjukkan. Hal yang perlu diperhatikan oleh sutradara drama supaya dapat membuat mimik yang sempurna yaitu:

  1. Sutradara harus membaca naskah drama berulang-ulang sampai benar-benar paham isi dari naskah drama tersebut.
  2. Setelah memahami naskah, sutradara membuat data tiap tokoh yang berperan dalam drama sekaligus watak dari tokoh tersebut.
  3. Memilih pemain yang sesuai dengan tokoh atau setidaknya memiliki perawakan (gestur) yang sesuai dengan tokoh dalam drama.
  4. Melatih kemampuan pemain dengan maksimal agar dapat menghadirkan mimik yang sesuai dengan tokoh yang diperankannya.

Pertunjukkan drama merupakan kesenian yang kompleks karena dalam proses pembuatannya memerlukan keterlibatan banyak seniman serta mengandung banyak unsur. Jika salah satu dari unsur tersebut tidak terpenuhi maka pertunjukkan drama tidak dapat dilaksanakan.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian mimik wajah dalam drama. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mimik dalam bahasa Indonesia secara umum ya ! Lihat juga pengertian injury time dalam sepak bola 🙂