PENGERTIAN MODERATOR DAN TUGASNYA


  • Pengertian moderator dan tugasnya itu apa sih ?
  • Apa itu moderator ? Apa arti kata moderator ?
  • Apa yang dimaksud dengan moderator ?
  • Apa tugas moderator dalam diskusi ?
  • Apa pengertian moderator dalam wawancara / diskusi ?

Pengertian Moderator


Pengertian Moderator Menurut Para Ahli

Arti moderator adalah :

Pengertian moderator adalah seseorang yang memimpin jalannya suatu diskusi agar tepat waktu dan terarah. (Munif Chatib : 2011)

Definisi moderator adalah seseorang yang memastikan bahwa diskusi formal telah berlangsung tanpa masalah dan sudah mengikuti aturan atau standar yang berlaku.


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan diskusi. Sejak bangku sekolah para guru telah mengajarkan budaya diskusi, belajar berani berpendapat, bagaimana cara mengemukakan pendapat, serta mendengarkan dan menghormati pendapat orang lain.

Tidak hanya di dunia nyata, dengan kemajuan teknologi internet, pada zaman sekarang diskusi juga banyak dilakukan di dunia maya sehingga memudahkan kita berdiskusi dengan siapa saja yang berada di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat dilihat dari kemunculan berbagai forum diskusi di internet yang membahas berbagai topik, salah satunya yang terkenal dan dapat dikatakan terbesar di Indonesia adalah kaskus. Beragam forum tersedia di situs ini seperti pekerjaan, hobi, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Agar diskusi berjalan lancar, kondusif, serta sesuai aturan maka diperlukan seorang moderator. Pengertian moderator adalah orang yang bertugas memandu, mengatur, menengahi, dan mengawasi jalannya diskusi. Baik diskusi di dunia nyata ataupun di dunia maya, keduanya memerlukan moderator untuk memandu jalannya diskusi.

Untuk menjalankan tanggung jawabnya seorang moderator memiliki tugas-tugas tertentu diantaranya membuka dan menutup diskusi, mengawasi jalannya diskusi agar tetap sesuai dengan topik yang telah ditentukan dan sesuai dengan aturan yang disepakati, mengatur lalu lintas komunikasi sehingga setiap peserta memiliki porsi dan kesempatan yang sama dalam menyatakan pendapatnya, menengahi ketegangan atau keributan jika terjadi debat kusir antar peserta diskusi.

Jika diskusi dirasa kurang bergairah moderator juga harus mampu memberi ide atau masukan untuk memancing ketertarikan peserta diskusi, memberikan bimbingan kepada peserta diskusi yang masih baru mengenai tata cara dan aturan diskusi, mengingatkan peserta diskusi jika dirasa diskusi sudah mulai melenceng dari topik, mengubah atau membuat topik baru jika topik sebelumnya dirasa sudah cukup, memberi peringatan kepada peserta yang dianggap mengganggu, melanggar peraturan, mengacaukan jalannya diskusi, atau melakukan hal-hal lain yang dapat merugikan diskusi tersebut.

Jika sudah diperingatkan dan masih melakukan pelanggaran juga maka moderator dapat mengusulkan kepada administrator atau pimpinan diskusi untuk melarang dan mengeluarkan peserta tersebut dari forum diskusi, serta melaporkan jalannya diskusi kepada administrator atau pimpinan diskusi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian moderator dan tugasnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian moderator secara umum ya ! Lihat juga pengertian moderat dan contohnya 🙂