PENGERTIAN MORATORIUM


  • Pengertian moratorium itu apa sih ?
  • Apa itu moratorium ? Apa arti kata moratorium ?
  • Apa yang dimaksud dengan moratorium ?
  • Apa pengertian moratorium pns ?
  • Apa pengertian moratorium hutan ?

Pengertian Moratorium


Pengertian Moratorium Menurut Para Ahli

Arti moratorium adalah :

Pengertian moratorium adalah penghentian yang bersifat sementara saja.

Definisi moratorium adalah menghentikan suatu kegiatan tertentu dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Arti moratorium dalam kamus Bahasa Indonesia adalah penangguhan atau melakukan penundaan. Contohnya moratorium cpns. Pengertian moratorium cpns adalah melakukan penundaan perekrutan cpns yang baru atau dengan arti lain, pendaftaran cpns terpaksa dihentikan atau tidak dibuka dalam kurun waktu tertentu.


Pemegang kekuasaan atau pemilik otoritas di suatu wilayah memiliki wewenang untuk menetapkan sebuah kebijakan, mengubahnya, menangguhkannya, atau bahkan menghapus kebijakan tersebut. Hal ini tergantung situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat terkait kebijakan tersebut.

Contohnya ketika marak kasus kekerasan terhadap tenaga kerja Indonesia di luar negeri, pemerintah melakukan penundaan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri untuk sementara waktu untuk mengevaluasi peraturan dan kebijakan yang mengatur tata cara dan persyaratan pengiriman tenaga kerja. Penundaan atau penangguhan ini disebut dengan MORATORIUM.

Biasanya moratorium berkaitan dengan kebijakan yang telah diberlakukan dan ketika kebijakan tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan maka dilakukan moratorium.

Salah satu alasan diberlakukannya moratorium adalah untuk mengevaluasi sebuah peraturan atau kebijakan ketika dampak dari sebuah kebijakan sudah tidak sesuai atau menyimpang jauh dari yang diharapkan. Contohnya ketika anggaran untuk gaji pegawai negeri sipil membengkak dan menguras anggaran negara yang disebabkan oleh membludaknya jumlah pegawai.

Walaupun demikian tetapi kinerja yang dihasilkan belum maksimal sehingga diberlakukan moratorium untuk mengevaluasi mulai dari proses seleksi penerimaan pegawai baru, penempatan pegawai, hingga mengefisienkan anggaran untuk belanja pegawai.

Istilah moratorium dapat kita temukan di berbagai bidang, salah satunya bidang ekonomi. Ada istilah debt moratorium. Pengertian debt moratorium adalah penangguhan utang. Suatu negara dapat melakukan penangguhan pembayaran utang baik sebagian atau secara keseluruhan berdasarkan undang-undang agar tidak terjadi krisis keuangan yang berbahaya bagi kedaulatan negara dan kesejahteraan rakyat.

Seperti ketika suatu negara sedang terlibat dalam perang yang menyebabkan seluruh sumber daya dipusatkan untuk pembiayaan perang dan urusan dalam negeri sehingga negara dapat membuat keputusan untuk menangguhkan pembayaran utangnya. Contohnya seperti yang dilakukan presiden Peru, Alan Garcia, ia menetapkan hanya sepuluh persen dari pendapatan ekspor yang digunakan untuk pembayaran utang.

Dalam bidang kehutanan juga dikenal istilah moratorium hutan. Pengertian moratorium hutan adalah penangguhan eksplorasi sebagian atau keseluruhan hutan untuk kegiatan industri dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan ketika kondisi hutan suatu daerah sudah sangat berbahaya dan rusak. Contohnya seperti yang pernah diberlakukan di Aceh dan Vietnam. Moratorium hutan ditujukan untuk merumuskan kembali aturan dan kebijakan pengelolaan hutan yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Pengertian moratorium penangkapan ikan adalah penghentian sementara penangkapan ikan di daerah tertentu dengan menggunakan kapal jenis tertentu.

Pengertian moratorium TKI adalah penghentian sementara pengiriman TKI ke negara tertentu.

Pengertian moratorium logging adalah melakukan penghentian sementara penebangan hutan dengan tidak mengeluarkan izin baru penebangan.

Pengertian moratorium sawit adalah melakukan penangguhan bisnis sawit di beberapa sektor seperti tidak mengeluarkan izin lahan sawit yang baru dsb.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian moratorium cpns dan pengertian moratorium secara umum ya ! Lihat juga pengertian moderasi 🙂