PENGERTIAN MUKADIMAH


  • Pengertian mukadimah dalam Islam itu apa sih ?
  • Apa itu mukadimah ? Apa arti kata mukadimah ?
  • Apa yang dimaksud dengan mukadimah ?
  • Apa arti kata muqaddimah ?

Pengertian Mukadimah


Pengertian Mukadimah Menurut Para Ahli

Arti mukadimah adalah :

Pengertian mukadimah adalah pendahuluan atau pengantar dalam sebuah buku, pidato, ceramah dsb.

Definisi mukadimah adalah kata pendahuluan, kata pengantar atau kata pembuka.


Teman-teman tentu sudah sering mendengarkan pidato atau ceramah, atau bahkan menjadi pembicara yang membacakan pidato. Tentu kita juga tidak asing dengan istilah mukadimah.

Pengertian mukadimah adalah bagian pengantar atau pendahuluan dalam sebuah orasi seperti pidato, ceramah, dan lain sebagainya. Istilah mukadimah juga digunakan untuk menyebut bagian pengantar atau pendahuluan pada sebuah tulisan seperti buku, makalah, dan lain sebagainya.

Meskipun sebagai pengantar, mukadimah mempunyai peran penting untuk menarik minat pendengar atau pembaca untuk mendengarkan atau membaca lebih lanjut sebuah pidato atau tulisan. Mukadimah sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar pendengar atau pembaca tertarik untuk memperhatikan lebih lanjut.

Mukadimah yang kurang menarik dan membosankan akan membuat pendengar malas memperhatikan atau bahkan meninggalkan acara. Apalagi untuk acara yang diadakan pada malam hari dimana penonton dalam kondisi lelah dan mulai mengantuk, pembicara harus dapat membuat penonton tertarik seperti dengan menyampaikan sedikit lelucon untuk mengusir rasa kantuk. Setelah penonton tertarik barulah pembicara menyampaikan isi pidatonya.

Sebuah pidato atau ceramah yang isinya bagus tidak akan diperhatikan dengan baik oleh penonton jika bagian mukadimahnya saja sudah membosankan. Begitupula dalam sebuah tulisan, jika dari bagian pendahuluan saja sudah membosankan dan tidak menimbulkan ketertarikan pembaca, maka pembaca akan malas untuk melanjutkan bacaannya. Apalagi jika tulisan yang akan dibaca sangat panjang seperti buku novel dan makalah.

Selain itu mukadimah juga dapat digunakan untuk mengetahui apa sebenarnya yang akan dibicarakan atau diceritakan sehingga pendengar atau pembaca mendapat gambaran apa yang sebenarnya akan dibicarakan dalam sebuah tulisan atau pidato.

Salah satu cara membuat mukadimah yang menarik adalah dengan menggunakan kata-kata yang tidak biasa sehingga pendengar atau pembaca tertarik. Jangan menggunakan kata-kata yang sudah sangat umum dan sering digunakan. Seperti frasa pada zaman dahulu atau pada suatu hari. Gunakan kata-kata yang memiliki makna dan membuat pendengar atau pembaca penasaran.

Sebuah mukadimah juga tidak boleh terlalu panjang dan bertele-tele sehingga isi pidato tidak tersampaikan dengan baik. Mukadimah sebaiknya ringkas saja dan cukup menarik minat pendengar kemudian disambung dengan pokok pidato yang akan disampaikan.

Pengertian mukadimah dalam Islam adalah bagian awal ceramah atau kultum yang biasanya berisi shalawat dan berbagai pujian kepada Allah dan rasulNya.


Nah itulah penjelasan mukadimah secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mukadimah secara umum ya ! Lihat juga pengertian moratorium 🙂