PENGERTIAN MUSHAF DAN SUHUF


  • Pengertian mushaf dan suhuf itu apa sih ?
  • Apa itu mushaf dan suhuf ?
  • Apa arti kata mushaf dan suhuf ?
  • Apa yang dimaksud dengan suhuf dan mushaf ?
  • Jelaskan pengertian mushaf dan suhuf !

Pengertian Mushaf dan Suhuf


Pengertian Mushaf dan Suhuf Menurut Para Ahli

Arti mushaf dan suhuf adalah :

Pengertian suhuf adalah ayat-ayat Alquran yang ditulis berselerak pada berbagai macam objek seperti batu, tulang, pelepah tamar dsb. Sedangkan pengertian mushaf adalah ayat-ayat alquran yang dikumpul atau dibukukan secara sistematik dan teratur. Pendek kata, mushaf adalah buku atau kitab yang mengandung ayat-ayat alquran yang sempurna, lengkap dan tersusun. (pengertian mushaf dan suhuf menurut Daud Ismail & Asyraf Ab Rahman dalam buku Sejarah dan Perkembangan Mushaf Uthmani di Malaysia tahun 2013)

Pengertian mushaf secara harfiah adalah kulit (kulit buku), namun secara konteks merujuk pada senaskah kitab Al-Quran. (Kamaluddin Nurdin Marjuni Ph.D : 2014)


Teman-teman yang beragama Islam sebagian besar pasti kenal dengan istilah mushaf dan suhuf. Istilah mushaf sering digunakan untuk menyebut kitab suci Alquran yang merupakan kitab suci umat Islam. Kedua istilah ini berasal dari bahasa Arab yang kini sudah diserap dan menjadi kosakata baku dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Arab kedua istilah ini memiliki asal kata yang sama yaitu shahifah yang berarti kulit yang warnanya keputihan atau lembaran/lempengan tipis.

Suhuf atau shuhuf adalah bentuk jamak dari kata shahifah yang berarti lembaran-lembaran tulisan. Di dalam Alquran kata suhuf disebutkan delapan kali dan memiliki beberapa makna diantaranya lembaran-lembaran, kitab-kitab suci yang turun sebelum Alquran, dan catatan amal.

Dalam bahasa Indonesia kata suhuf memiliki beberapa makna. Pertama, mengacu pada kitab Allah yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya yang dijadikan sebagai dasar dan nasihat bagi manusia. Makna kedua yaitu lembaran yang memiliki tulisan seperti halaman buku, dokumen, atau surat, sama seperti makna dalam bahasa Arab. Dan terakhir dapat juga diartikan sebagai kertas atau bahan yang dihasilkan dari proses daur ulang.

Dari segi bahasa kata mushaf atau mushhaf dalam bahasa Arab bermakna sesuatu yang menghimpun lembaran-lembaran tulisan antara dua sampul yang dapat kita pahami seperti sebuah buku atau kitab. Dalam penggunaannya sejak masa khalifah Abu Bakar istilah mushaf secara khusus ditujukan kepada lembaran-lembaran tulisan ayat suci Alquran yang dikumpulkan. Karena pada awalnya Alquran yang merupakan wahyu dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW disampaikan oleh nabi kepada para sahabat secara lisan. Kemudian para sahabat menyimpannya dalam bentuk hapalan dan kemudian diwariskan atau disebarkan. Namun karena hapalan dapat hilang seiring meninggalnya seseorang maka para sahabat mulai menuliskannya pada suhuf atau lembaran-lembaran.

Kemudian pada masa khalifah Utsman bin Affan usaha pengumpulan suhuf yang berisi ayat-ayat Alquran masih diteruskan hingga terkumpul keseluruhannya mulai dari surat al-Fatihah hingga surat an-Nas yang disebut Mushhaf Utsmani. Dari mushhaf utsmani inilah kemudian diperbanyak agar dapat dibaca, dipelajari, dan dipahami oleh banyak orang yang kini disebut dengan mushaf saja.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mushaf dan suhuf secara umum ya ! Semoga kamu bisa menjelaskan perbedaan pengertian mushaf/kitab dan suhuf ya. Lihat juga pengertian itikad baik 🙂