PENGERTIAN MUTAN


  • Pengertian mutan dalam biologi itu apa sih ?
  • Apa itu mutan ? Apa arti kata mutan ?
  • Apa yang dimaksud dengan mutan ?
  • Apa pengertian mutan dan contohnya ?

Pengertian Mutan


Pengertian Mutan Menurut Para Ahli

Arti mutan adalah :

Pengertian mutan adalah organisme yang mengalami mutasi yang disebabkan oleh mutagen alami (seperti sinar kosmis, sinar UV, zatradioaktif, dsb) maupun mutagen kimia (seperti sinar X, kolkisin, sinar alfa, beta, gamma, dsb).


Mutan salah satu istilah yang sering dijumpai dan digunakan dalam kartun ataupun film fantasi, namun sebenarnya mutan sendiri juga bisa saja ditemui dalam kehidupan keseharian kita. Mutan sendiri memiliki arti sebagai perubahan yang terjadi pada sebuah genetic seperti DNA ataupun RNA.

Secara umum, pengertian mutan dalam biologi adalah organisme atau karakter genetik baru yang dihasilkan dari adanya mutasi dimana didalamnya terjadi perubahan DNA. Baik itu dari gen ataupun kromosom dari satu organisme, hal ini bisa disebut dengan istilah mutan. Lebih spesifiknya mutan adalah invidivu yang mengalami perubahan sifat yang diakibatkan oleh mutasi. Sedangkan dalam kajian genetik biasanya mutan juga dibandingkan dengan individu yang tidak berubah sifat.

Hasil mutasi atau mutan yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti yang ditemukan pada pasien pengidap kanker. Para pengidap penyakit kanker mengalami permasalahan dalam pembelahan sel rutin yang ada pada dalam tubuh. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh banyak hal mulai dari polusi, racun yang ada di makanan dan berbagai hal lainnya. Dengan adanya pembelahan yang tidak sempurna ini hasilnya sel pembelahan yang terjadi malah menjadi tidak sempurna.

Proses mutasi sendiri juga berbeda dan dibagi menjadi bermacam-macam berdasarkan sel yang dimutasi. Mutasi semiotic adalah proses mutasi yang terjadi pada sel sematik atau sel yang ada pada tubuh. Mutasi berdasarkan sel yang bermutasi yang kedua adalah mutasi gametik dimana sel ini berhubungan dengan sel organ reproduksi baik itu sperma ataupun ovum yang ada pada manusia.

  • Mutasi juga berbeda macam tergantung dari bagian yang bermutasi. Contoh mutasi antara lain :
  • Mutasi titik, yang lebih keperubahan yang terjadi pada basa N baik itu dari DNA ataupun RNA.
  • Mutasi aberasi adalah mutasi yang terjadi karena perubahan kromosom dan juga urutan gen.
  • Aneuploidi merupakan mutasi yang terjadi karena adanya perubahan pada jumlah n-nya sedangkan untuk Aneusomi adalah perubahan yang terjadi karena adanya perubahan pada jumlah kromosomnya.
  • Yang terakhir adalah delesi yang merupakan mutasi yang terjadi ketika terjadi patahnya fragmen kromosom dan kemudian hilang pada saat ada aktivitas pembelahan sel.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian mutan dalam biologi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mutasi mutan dan mutagen secara umum ya ! Lihat juga pengertian mic condenser 🙂