PENGERTIAN MUTLAK DAN RELATIF


  • Pengertian mutlak dan relatif itu apa sih ?
  • Apa itu mutlak ?
  • Apa arti kata relatif dan mutlak ?
  • Apa yang dimaksud dengan mutlak ?
  • Apa pengertian hak mutlak dan hak relatif ?

Pengertian Mutlak dan Relatif


Pengertian Mutlak dan Relatif Menurut Para Ahli

Arti mutlak dan relatif adalah :

Mutlak dan relatif adalah dua istilah yang saling berlawanan. Pengertian mutlak adalah sepenuhnya atau seutuhnya dan tidak tergantung pada kondisi apapun sebagai syarat. Contohnya hasil penjumlahan dua dengan dua adalah empat. Hal ini mutlak dan tidak akan menjadi delapan misalnya jika perhitungan dilakukan di bulan. Dapat kita katakan bahwa mutlak berkaitan dengan objektifitas.

Istilah mutlak juga dapat diartikan harus ada dan tidak boleh tidak. Jika tidak ada maka sesuatu tidak akan sempurna atau cukup. Misalnya kartu identitas mutlak diperlukan dalam pencairan cek, jika tidak ada kartu identitas maka pencairan cek tidak dapat dilakukan.

Kebalikannya adalah relatif. Pengertian relatif adalah tidak mutlak atau nisbi dimana sesuatu hanya dapat dinilai atau diukur jika ada pembanding atau acuan. Misalnya jika kita menyebut harga bawang saat ini relatif murah. Untuk dapat menyebut sesuatu murah tentu harus ada pembandingnya seperti harga bawang relatif murah jika dibandingkan minggu lalu. Atau harga bawang relatif murah jika dibandingkan harga cabe merah.

Dalam bidang fisika gerakan sebuah benda disebut relatif. Contohnya ketika kita berada di dalam mobil yang sedang bergerak dari titik A ke titik B. Kita dikatakan bergerak relatif terhadap posisi A. Akan tetapi kita tidak dikatakan bergerak terhadap mobil karena memang kita tetap di dalam mobil. Dapat kita lihat bahwa satu tindakan dapat diinterpretasikan dalam dua keadaan tergantung acuannya.

Dalam bidang hukum perdata juga dikenal istilah mutlak dan relatif yaitu hak mutlak atau absolut dan hak relatif. Pengertian hak mutlak adalah hak yang dimiliki seseorang untuk melakukan suatu perbuatan dimana hak ini tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun dan harus dihormati oleh orang lain. Contohnya seperti hak-hak yang melekat pada pribadi seseorang seperti hak untuk hidup. Atau hak-hak yang muncul karena adanya hubungan keluarga seperti hubungan antara suami istri dan hubungan antara orangtua dan anak.

Kebalikannya hak mutlak adalah hak relatif. Pengertian hak relatif adalah hak yang timbul karena adanya perjanjian mengenai hutang piutang dan tidak bersifat mutlak. Hak ini hanya dapat diganggu gugat oleh pihak-pihak yang disebutkan dalam perjanjian. Contohnya seperti pemberi hutang memiliki hak untuk meminta pembayaran kepada pihak yang berhutang.


Itulah penjelasan singkat mengenai arti relatif dan mutlak. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian mutlak dan relatif secara umum ya ! Lihat juga pengertian mukadimah 🙂