PENGERTIAN NASIHAT


  • Pengertian nasihat dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu nasihat ? Apa arti kata nasihat ?
  • Apa yang dimaksud dengan nasihat ?
  • Apa pengertian nasihat menurut Islam ?
  • Apa pengertian nasehat dalam konseling ?

Pengertian Nasihat


Pengertian Nasihat Menurut Para Ahli

Arti nasihat adalah :

Pengertian nasihat adalah suatu petunjuk yang memuat pelajaran terpetik dan baik dari si penutur yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi ataupun alasan bagi si mitra tutur untuk melakukan sesuatu hal. (Prayitno : 2011)

Definisi nasihat adalah suatu bentuk perintah kepada orang lain supaya melakukan tindakan tertentu dengan cara memberikan petunjuk dan cara-cara lainnya. (Widada : 1999)

Pengertian nasihat menurut bahasa dan istilah : kata nasihat berasal dari kata “nash” yang artinya halus, murni dan bersih yang merupakan lawan dari kata kotor atau curang. Dengan demikian, kata-kata nasihat haruslah jauh dari bentuk kecurangan ataupun motivasi yang kotor. Sedangkan pengertian nasihat menurut istilah adalah sebuah kata yang mengungkapkan suatu bentuk keinginan kebaikan kepada objek yang diberikan nasihat.

Pengertian nasehat dalam Islam adalah suatu cara yang bertujuan untuk mengingatkan seseorang bahwa segala macam bentuk perbuatan pasti ada sanksi serta akibatnya. Secara terminologi nasihat berarti melarang, memerintah atau menganjurkan suatu hal tertentu yang juga disertai dalil motivasi dan ancaman.

Pengertian nasehat dalam konseling adalah suatu arahan yang diberikan oleh konselor melalui tutur kata atau ucapan yang jujur, halus, baik dan penuh motivasi kepada seseorang yang sedang dibimbingnya.


Mana yang baku, Nasehat atau Nasihat ? Kalian sering menyebut yang mana nih ? Kalau dulu kita menggunakan “Nasehat” dan sekarang memakai “Nasihat”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa nasihat itu kata baku dan kata nasehat tidak terdapat di KBBI, jadi kalau sekarang kalian masih menggunakan kata “Nasehat” diganti sebaiknya diganti menjadi “Nasihat” ya.

Mayoritas penduduk Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kata nasihat, sering kali di kehidupan sehari-hari kita kerap mendengar kata nasihat. Sebenarnya arti dari kata nasihat sendiri itu apa sih ?

Secara umum, pengertian nasihat adalah sesuatu hal berhubungan dengan hal yang baik-baik. Nasihat juga dapat diartikan sebagai teguran, petunjuk, ajaran, pelajaran, anjuran yang pokoknya bersifat baik.

Contoh :

  1. Teguran : Seharusnya kamu itu rajin belajar, kalau tidak rajin belajar, maka nanti nilai kamu buruk.
  2. Anjuran : Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu meminum obat ini 2x dalam sehari.

Nah sekarang sudah jelas bahwa nasihat ini banyak banget digunakan dalam berbagai konteks, tetapi inti dari nasihat itu adalah sesuatu yang baik. Jika ada seseorang yang menyarankan sesuatu hal yang buruk, maka bisa dipastikan hal tersebut bukanlah nasihat, karena sejatinya pengertian menasehati adalah mengajarkan sesuatu kebaikan.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian nasihat menurut bahasa dan istilah. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian nasihat dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian disposisi 🙂