PENGERTIAN NEGOSIASI BISNIS


  • Pengertian negosiasi bisnis itu apa sih ?
  • Apa itu negosiasi bisnis ? Apa arti kata negosiasi bisnis ?
  • Apa yang dimaksud dengan negosiasi bisnis ?
  • Apa apa pentingnya melakukan negosiasi bisnis ?
  • Apa contoh negosiasi dalam bisnis ?

Pengertian Negosiasi Bisnis


Pengertian Negosiasi Bisnis Menurut Para Ahli

Arti negosiasi bisnis adalah :

Pengertian negosiasi bisnis adalah suatu pertemuan tatap muka antara 2 orang atau 2 kelompok pengusaha atau lebih untuk melakukan tawar-menawar yang berkesinambungan tentangsuatu subjek niaga tertentu yang bertujuan untuk mencapai suatu kontrak dagang atau perjanjian tertentu. (Amir M)

Definisi negosiasi bisnis adalah suatu transaksi bisnis dimana kedua belah pihak mempunyai suatu motivasi, kebutuhan dan hak atas hasil akhir yang berbeda dan mencoba untuk melakukan kesepakatan tentang suatu hal demi kepentingan bersama. (Oliver)

Pengertian negosiasi bisnis internasional adalah negosiasi bisnis antar negara dimana ada dua perwakilan perusahaan dari berbagai negara yang duduk di meja perundingan untuk berdiskusi dan membentuk suatu kontrak perjanjian yang bersifat komersial.


Sebuah usaha atau bisnis tidak lepas dari bisnis lain. Mereka saling berhubungan dan membutuhkan. Apalagi jika sebuah usaha ingin berkembang, mau tidak mau ia harus bekerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan usahanya.

Contohnya usaha pembuatan hijab. Usaha ini tentu membutuhkan pasokan kain bahan yang cukup besar. Agar pasokan kain bahan lancar, stabil, dan harganya lebih murah tentu dibutuhkan suatu bentuk kerja sama dengan pihak pemasok kain bahan. Dalam menjalin kerja sama inilah terjadi negosiasi bisnis antara pengusaha hijab dan pengusaha kain bahan yang bertujuan agar kedua pihak sama-sama diuntungkan.

Negosiasi bisnis merupakan proses tawar menawar dengan jalan perundingan antara pihak-pihak yang terlibat mengenai objek bisnis tertentu untuk mencapai sebuah kesepakatan berupa perjanjian atau kontrak dagang. Masing-masing pihak akan mengemukakan penawarannya.

Berdasarkan penawaran tersebut pihak lawan dapat mengemukakan keberatan beserta argumennya jika isi penawaran kurang menguntungkan bagi mereka. Tawar menawar pun terjadi sampai ditemui sebuah kesepakatan yang dirasa sama-sama menguntungkan pihak-pihak yang terlibat.

Sebuah negosiasi dikatakan berhasil jika perundingan menemukan kesepakatan yang melahirkan suatu perjanjian atau kontrak. Sebaliknya jika ada pihak yang tidak mau mengalah dan hanya menginginkan keuntungan untuk kelompoknya saja maka negosiasi akan menemui jalan buntu.

Faktor pentingnya negosiasi bisnis agar bisa mencapai kata sepakat adalah pemahaman mengenai filosofi semua orang menang. Kita harus tahu bahwa pada dasarnya semua orang ingin menang sehingga dalam membuat sebuah penawaran kita akan mempertimbangkannya dari sudut pandang pihak lain. Sehingga penawaran yang kita buat tidak hanya menguntungkan pihak kita tetapi juga pihak lawan.

Contohnya pengusaha hijab memberikan penawaran harga kain bahan yang lebih rendah akan tetapi pesanan akan dilakukan rutin setiap minggu. Dari sisi pengusaha kain bahan, walaupun mereka menjual dengan harga lebih rendah akan tetapi penjualan akan stabil setiap minggu. Ini tentu sisi positif bagi mereka.

Salah satu unsur penting dalam melakukan negosiasi adalah informasi. Informasi yang akurat dan lengkap mengenai posisi lawan merupakan hal yang sangat penting. Ini merupakan bahan dalam membuat sebuah penawaran. Misalnya jika kita mengetahui bahwa pihak lawan tidak memiliki alternatif maka kita dapat menaikkan posisi tawar, tetapi tentu saja dengan tetap memperhatikan kepentingan pihak lawan.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian negosiasi bisnis. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian negosiasi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian mutlak dan relatif 🙂