PENGERTIAN NIRLABA DAN CONTOHNYA


  • Pengertian nirlaba dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu nirlaba ? Apa arti kata nirlaba ?
  • Apa yang dimaksud dengan nirlaba ?
  • Apa yang dimaksud perusahaan nirlaba ?
  • Apa pengertian organisasi nirlaba dan contohnya ?

Pengertian Nirlaba dan Contohnya


Pengertian Nirlaba Menurut Para Ahli

Arti nirlaba adalah :

Pengertian nirlaba adalah tidak bertujuan untuk mencari profit berupa uang melainkan lebih fokus ke tujuan sosial dan lingkungan.

Definisi nirlaba adalah bersifat tidak mengejar atau mencari keuntungan berupa materi.

Pengertian perusahaan nirlaba adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan kemaslahatan masyarakat dan tidak berorientasi untuk mengejar uang. Contoh perusahaan nirlaba adalah perusahaan yang bergerak pada bidang penelitian, cagar alam, LSM, unit-unit pemerintahan yang memelihara taman kota atau mengelola air minum.


Istilah nirlaba terdiri dari dua kata yaitu “nir” yang berarti tidak dan “laba” yang berarti keuntungan. Nirlaba berarti segala sesuatu yang sifatnya tidak mengutamakan perolehan keuntungan. Semata-mata untuk mencapai tujuan tertentu dan biasanya berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Contohnya seperti lembaga bantuan hukum atau LBH yang didirikan untuk memberikan bantuan hukum bagi masyarakat secara sukarela. Seperti yang kita tahu masih banyak masyarakat yang buta akan hukum dan tidak mampu membayar pengacara sehingga ketika mereka terkena kasus hukum kebanyakan tidak bisa membela diri bahkan tidak mendapat keadilan. LBH dapat memberikan bantuan hukum baik berupa konsultasi atau bantuan pembelaan dari pengacara.

Yang cukup sering kita dengar adalah istilah organisasi nirlaba. Pengertian organisasi nirlaba adalah organisasi yang tidak mengutamakan perolehan laba atau keuntungan dalam menjalankan kegiatannya. Organisasi ini memiliki tujuan tertentu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat umum seperti organisasi yang membela hak perempuan, organisasi dalam bidang kesehatan dan pendidikan, dan lain sebagainya.

Organisasi nirlaba ada yang dimiliki pemerintah dan ada pula yang didirikan oleh pihak swasta. Seperti yang kita ketahui sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk melayani kepentingan masyarakat seperti dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Puskesmas, rumah sakit, dan sekolah merupakan bentuk organisasi nirlaba yang didirikan pemerintah untuk melayani kepentingan masyarakat sehingga organisasi ini seharusnya mengutamakan kepentingan masyarakat. Seperti pelayanan berobat gratis di puskesmas dan bebas biaya sekolah di sekolah-sekolah negeri. Ada juga organisasi-organisasi nirlaba yang didirikan oleh pihak swasta seperti organisasi politik dan organisasi yang bersifat keagamaan.

Setiap organisasi tentu membutuhkan pendanaan untuk menjalankan kegiatannya. Sumber dana organisasi nirlaba berasal dari sumbangan anggotanya dan para donatur. Walaupun tidak berorientasi pada perolehan keuntungan, organisasi nirlaba tetap harus dikelola dengan serius. Bahkan pengelolaannya harus lebih hati-hati. Kualitasnya pun harus dijaga karena berhubungan dengan kepentingan masyarakat banyak.

Jangan karena gratis sehingga pelayanan yang diberikan bersifat sembarangan dan tidak maksimal. Masih sering kita temui rumah sakit milik pemerintah yang kualitas pelayanannya sangat buruk sehingga masyarakat enggan untuk berobat ke sana. Masyarakat rela membayar lebih mahal dan memilih rumah sakit swasta yang lebih mahal demi mendapatkan pengobatan yang lebih baik.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian nirlaba dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian usaha nirlaba / pengertian bisnis nirlaba dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian negosiasi bisnis 🙂