PENGERTIAN NOSTALGIA


  • Pengertian nostalgia itu apa sih ?
  • Apa itu nostalgia ? Apa arti kata nostalgia ?
  • Apa yang dimaksud dengan nostalgia ?
  • Apa yang dimaksud terjebak nostalgia ?

Pengertian Nostalgia


Pengertian Nostalgia Menurut Para Ahli

Arti nostalgia adalah :

Pengertian nostalgia adalah kenangan masa lalu yang pada umumnya merupakan kenangan manis dan indah yang tidak bisa dilupakan.

Definisi nostalgia adalah merindukan masa lalu dan berharap masa lalu tersebut dapat terulang kembali.


Membicarakan istilah nostalgia merupakan hal yang sangat menarik. Apalagi bagi orang-orang yang pernah dan sedang merasakannya. Nostalgia adalah kerinduan terhadap sesuatu yang sudah jauh letaknya atau sudah tidak ada lagi pada saat sekarang, dan terkadang dilakukan secara berlebihan.

Nostalgia juga berarti kenangan manis pada masa lalu. Contohnya dua orang sahabat yang berpisah setelah sekian lama. Masing-masing mempunyai nostalgia akan kebersamaan mereka saat bermain bersama, belajar bersama, dan saat-saat lain yang dilewati bersama.

Semua orang pasti memiliki nostalgia dengan orang-orang terdekatnya. Orang-orang yang bertemu setelah berpisah sekian lama biasanya akan bernostalgia yaitu melepaskan rindu dengan mengingat kembali masa-masa yang pernah dilewati bersama baik senang maupun susah. Bernostalgia merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Tidak hanya kenangan manis, peristiwa yang dulunya tidak menyenangkan bahkan memalukan jika diingat-ingat lagi ternyata juga bisa kita tertawakan pada saat sekarang. Orang-orang bahkan sengaja berkumpul untuk bertemu kembali dan bernostalgia setelah sekian lama berpisah, salah satunya dengan melakukan reuni, apakah reuni sekolah, kampus, dan lain sebagainya.

Nostalgia tidak hanya dilakukan dengan cara bertemu langsung, kita juga dapat bernostalgia dengan cara-cara lain. Salah satunya dengan melihat album foto yang merekam peristiwa-peristiwa penting dengan orang terdekat. Bisa juga dengan mendengarkan lagu kenangan atau mengunjungi tempat-tempat yang pernah dikunjungi bersama.

Sesekali bernostalgia merupakan hal yang positif. Akan tetapi jangan sampai kita terjebak pada nostalgia. Arti terjebak nostalgia adalah suatu kondisi dimana kita terjebak pada kenangan masa lalu yang sudah tidak mungkin diulang kembali. Contohnya kenangan bersama mantan kekasih yang sudah meninggal. Jangan sampai kita sibuk mengingat kenangan manis bersama mantan kekasih dan tidak bisa melupakannya sehingga tidak bisa membuka hati untuk orang lain.

Hal ini tentu tidak baik bagi diri sendiri karena kita tidak mungkin melanjutkan hidup bersama kenangan. Selain itu kita juga menutup kemungkinan dengan orang lain yang mungkin lebih baik dari yang dulu. Anak-anak zaman sekarang menyebut orang yang terjebak nostalgia dengan istilah gagal move on. Yaitu seseorang yang tidak mampu melanjutkan hidup meninggalkan kenangan masa lalu.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian nostalgia secara umum ya ! Lihat juga pengertian nirlaba 🙂