PENGERTIAN NUCLEAR FAMILY AND EXTENDED FAMILY


  • Pengertian nuclear family dan extended family itu apa sih ?
  • Apa itu  nuclear family ? Apa arti extended family ?
  • Apa arti nuclear family dan extended family ?
  • Apa yang dimaksud dengan nuclear family ?

Pengertian Nuclear Family & Extended Family


Pengertian Nuclear Family dan Extended Family Menurut Para Ahli

Arti pengertian nuclear family dan extended family adalah :

Pengertian nuclear family adalah keluarga yang dibentuk dari ikatan perkawinan dan adopsi. Keluarga inti anggotanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak.

Pengertian extended family adalah keluarga besar yang merupakan gabungan dari keluarga inti beserta sanak saudara baik dari pihak ayah maupun ibu, seperti kakek, nenek, sepupu, keponakan, cucu, dan lain-lain.


Sebagai makhluk sosial manusia cenderung untuk berkumpul dengan manusia lainnya. Kumpulan manusia ini membentuk kelompok mulai dari yang paling kecil yaitu keluarga sampai skala yang besar seperti negara.

Keluarga merupakan kelompok masyarakat terkecil yang timbul karena hubungan darah atau keturunan dan bisa juga karena adopsi. Biasanya sebuah keluarga dimulai dari ikatan pernikahan yang kemudian menghasilkan keturunan. Sebuah keluarga pada umumnya tinggal dalam satu rumah dan dikepalai oleh seorang kepala keluarga. Berdasarkan jenis anggotanya dikenal istilah keluarga inti atau nuclear family dan keluarga besar atau extended family.

Anggota dari keluarga inti tidak hanya yang mempunyai hubungan darah. Anak-anak adopsi dan anak tiri juga termasuk keluarga inti. Hubungan antar anggota keluarga inti biasanya sangat dekat karena secara pertalian darah memang sangat dekat.

Secara umum ada beberapa fungsi penting keluarga inti diantaranya fungsi pengasuhan dan pendidikan bagi anak-anak. Keluarga inti baik ayah maupun ibu berperan penting untuk mengasuh dan mendidik anak. Mulai dari bayi sampai anak tumbuh dewasa. Pendidikan pertama yang didapat anak adalah dalam keluarga sebagai bekal untuk menghadapi dunia luar. Anak akan tumbuh sesuai dengan bagaimana ia dididik dan apa yang ia contoh di rumah.

Fungsi lain keluarga inti adalah saling membantu antar anggota keluarga. Setiap anggota keluarga inti mempunyai peran masing-masing. Mereka bahu-membahu sesuai perannya agar tujuan keluarga dapat tercapai. Ayah bertugas di luar rumah untuk mencari nafkah sementara ibu mengurus seluruh keperluan rumah tangga. Anak yang sudah agak besar biasanya membantu ibu atau ayah sesuai kemampuannya. Jika seluruh anggota keluarga menjalankan perannya dengan baik maka keseimbangan keluarga akan tercapai.

Dalam sebuah rumah terkadang tidak hanya dihuni oleh keluarga inti. Karena alasan-alasan tertentu seperti untuk merawat keluarga yang sudah tua atau sakit, masalah keuangan, atau membantu merawat anak-anak, biasanya sebagian keluarga besar ikut tinggal bersama dalam satu rumah. Contohnya sepasang suami istri yang bekerja dan baru memiliki anak biasanya akan tinggal bersama orangtuanya atau membawa orangtuanya tinggal di rumah mereka untuk membantu merawat anak yang masih kecil.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian nuclear family dan extended family. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian keluarga inti (nuclear family) dan keluarga besar (extended family) ya ! Lihat juga pengertian nostalgia 🙂