PENGERTIAN NUGGET


  • Pengertian nugget itu apa sih ?
  • Apa itu nugget sayur ? Apa arti kata nugget ?
  • Apa yang dimaksud dengan nugget ?
  • Apa pengertian nugget sayur ?
  • Apa pengertian nugget tahu tempe ?

Pengertian Nugget


Pengertian Nugget Menurut Para Ahli

Arti nugget adalah :

Pengertian nugget adalah produk olahan daging yang pada umumnya terbuat dari daging giling berbentuk potongan segi empat serta dilapisi dengan tepung berbumbu (Maghfiroh : 2000).

Definisi nugget adalah makanan yang berasal dari olahan daging giling yang dikonsumsi lewat proses penggorengan rendaman (deep fat frying) (Saleh et al : 2002).


Siapa yang tidak kenal dengan nugget? Makanan instan satu ini menjadi salah satu andalan ibu ketika terburu-buru menyiapkan makanan. Tinggal ambil di kulkas dan digoreng sebentar, nugget pun siap disantap. Nugget adalah makanan cepat saji hasil pengolahan daging giling dan bumbu perasa yang biasanya dicetak berbentuk persegi dan bagian luarnya dilapisi tepung berbumbu.

Ada banyak jenis nugget yang dijual di pasaran. Nugget yang sangat terkenal dan umumnya dikonsumsi adalah nugget ayam. Sesuai namanya nugget ini berbahan dasar daging ayam yang digiling halus dan ditambah bumbu. Menurut sejarahnya nugget ayam diciptakan oleh Robert C. Baker, profesor ilmu pangan dari Cornell University pada tahun 1950. Karyanya ini diterbitkan sebagai karya akademis dan tidak dipatenkan.

Secara garis besar, cara membuat nugget ayam melewati beberapa tahapan. Pertama daging ayam digiling sampai halus. Kemudian hasil penggilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, bumbu, tepung, dan air sehingga menjadi emulsi. Kemudian adonan diberi dua buah pelapis, pertama diberi pelapis basah disusul dengan pelapis kering. Setelah itu adonan digoreng hingga matang. Dan terakhir nugget dibekukan pada suhu sangat rendah. Karena nugget merupakan hasil pengolahan produk hewani sehingga mudah rusak maka nugget harus disimpan dalam kondisi beku.

Mengonsumsi nugget siap saji terlalu sering memang tidak disarankan. Karena kita tidak tahu apakah bahan-bahan yang digunakan berkualitas baik dan karena hasil olahan pabrik biasanya produk seperti ini ditambahkan pengawet sehingga kurang baik bagi kesehatan. Untuk mengatasinya kita dapat membuat nugget hasil olahan sendiri. Selain kualitas bahan-bahan dan kebersihannya terjamin, tentu saja harganya lebih murah. Membuat nugget juga tidak sulit, ada begitu banyak resep yang dapat kita temukan di internet.

Karena praktis dan rasanya enak, pembuatan nugget pun dikembangkan. Tidak hanya berbahan dasar daging ayam, kini sangat mudah kita temukan di internet resep aneka nugget seperti nugget tahu, nugget ikan, dan lain sebagainya. Ibu-ibu dapat membuat nugget olahan sendiri menggunakan bahan-bahan berkualitas serta mencampurnya dengan sayuran. Hal ini menjadi salah satu cara membuat anak yang biasanya enggan makan sayur menjadi mau mengonsumsi sayur.

Pengertian nugget ikan adalah gilingan daging ikan yang dibentuk menyerupai nugget ayam.

Pengertian nugget sayur adalah nugget yang bahan utamanya bukan daging melainkan gabungan dari berbagai sayur mayur seperti jamur dsb. Nugget ini cocok sekali untuk vegetarian yang tidak bisa memakan daging.

Pengertian nugget tahu / pengertian nugget tempe adalah nugget yang komposisinya adalah tahu / tempe dan bukan daging. Namun tahu dan tempe ini gizinya juga hampir sama dengan daging karena mempunyai kandungan protein yang tinggi.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian nugget secara umum ya ! Semoga artikel pengertian nugget bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian nuclear family and extended family 🙂