PENGERTIAN NUSANTARA MENURUT PARA AHLI


  • Pengertian nusantara menurut para ahli itu apa sih ?
  • Apa itu nusantara ? Apa arti kata nusantara ?
  • Apa yang dimaksud dengan nusantara ?
  • Apa pengertian wawasan nusantara ?

Pengertian Nusantara


Pengertian Nusantara Menurut Para Ahli

Arti nusantara adalah :

Pengertian nusantara adalah nusa diantara dua samudera dan dua benua. (Ernes Francois Eugene Douwes Dekker)

Definisi nusantara adalah suatu negara kepulauan yang berada dalam posisi silang. (Tontowi Amsia : 2008)

Pengertian nusantara adalah suatu cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri serta tanah airnya sebagai suatu negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beraneka ragam. (Prof.Dr.Wan Usman)

Nusantara adalah wilayah Indonesia yang dimulai dari Nangroe Aceh Darussalam samapi dengan Papua. (Joko Darmawan : 2011)


Istilah nusantara sering kita gunakan untuk menyebut nama negara kita Indonesia. Dalam lirik puisi dan lagu istilah ini juga sering digunakan. Apakah sebenarnya pengertian nusantara itu? Nusantara adalah sebutan untuk wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera sampai ke Papua dimana pada saat sekarang sebagian besar memang termasuk wilayah negara Indonesia.

Mengapa hanya sebagian besar? Karena tidak semua daerah di bentangan pulau tersebut termasuk wilayah Indonesia, ada wilayah negara-negara lain seperti Timor Leste, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Secara bahasa kata nusantara berasal dari bahasa jawa kuna yaitu “nusa” yang berarti pulau dan “antara” yang artinya lain atau seberang. Kata nusantara pertama kali terdapat dalam literatur berbahasa jawa yang merupakan gambaran konsep kenegaraan majapahit.

Nusantara dalam konsep kenegaraan majapahit merupakan sebutan untuk pulau-pulau lain di luar jawa yang sudah tidak mendapat pengaruh budaya jawa tetapi diakui sebagai daerah taklukan majapahit dimana para penguasanya harus menyerahkan upeti ke majapahit.

Setelah sekian lama istilah nusantara kembali dicetuskan pada tahun 1920-an oleh Ki Hadjar Dewantara, seorang aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pendiri taman siswa, sebagai nama bagi negara ini. Salah satu alasannya karena pada istilah ini tidak terdapat unsur bahasa asing. Walaupun akhirnya nama Indonesia yang digunakan sebagai nama negara, istilah nusantara masih tetap sering digunakan bahkan hingga saat sekarang.

Ada satu istilah yang cukup sering kita dengar yang berkaitan dengan istilah ini yaitu wawasan nusantara. Pengertian wawasan nusantara adalah sebuah konsep bagaimana cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan dua landasan dasar yaitu pancasila dan UUD 1945.

Wawasan nusantara ini perlu ditanamkan pada seluruh warga negara agar rasa nasionalisme tetap terjaga. Seorang warga negara yang baik harus mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Dua landasan dasar wawasan nusantara adalah pancasila dan UUD 1945 yang merupakan falsafah dan landasan hukum warga dalam menjalankan kehidupan bernegara.

Dalam menjalankan wawasan nusantara tentu diperlukan asas-asas sebagai ketentuan dasar yang harus dipatuhi dan dipelihara, diantaranya asas kepentingan/tujuan yang sama, keadilan, kerjasama, solidaritas, kejujuran, dan kesetiaan terhadap kesepakatan.


Itulah beberapa pengertian nusantara menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian nusantara secara garis besar ya ! Lihat juga pengertian nugget 🙂