PENGERTIAN OFENSIF DAN DEFENSIF


  • Pengertian ofensif dan defensif itu apa sih ?
  • Apa itu ofensif ? Apa arti kata ofensif ?
  • Apa yang dimaksud dengan ofensif dan defensif ?
  • Apa perbedaan strategi ofensif dan defensif ?

Pengertian Ofensif dan Defensif


Pengertian Ofensif dan Defensif Menurut Para Ahli

Arti ofensif dan defensif adalah :

Pengertian ofensif adalah serangan atau sesuatu hal yang bersifat agresif yang digunakan untuk menyerang yang mengakibatkan timbulnya gangguan dan ketidaksenangan. Lawan kata ofensif adalah defensif.

Pengertian defensif adalah suatu hal yang bersifat melindungi seseorang atau sesuatu terhadap serangan, menjaga keamanan, membentengi diri dsb. Dalam konteks acara olahraga, defensif mencoba untuk mencegah pemain lawan mencetak poin.


Apa yang pertama kali muncul di benak kalian ketika mendengar istilah ofensif? Sebagian besar dari kita pasti menghubungkannya dengan ‘menyerang’. Lalu apa yang kalian pikirkan bila mendengar istilah defensif? Sebagian besar pasti menghubungkannya dengan keadaan ‘bertahan’. Lalu, apakah benar pengertian sebenarnya dari istilah ‘ofensif’ dan ‘difensif’? Berikut ini ulasannya.

Ofensif dan defensif adalah dua kata yang berlawanan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah ofensif didefinisikan sebagai suatu ‘serangan’.  Selanjutnya, “Cambridge Dictionary” selain mendefinisikan ofensif sebagai suatu serangan, dia juga mendefinisikan istilah defensif sebagai ‘sesuatu yang tidak menyenangkan’ atau ‘menyinggung’ atau ‘melewati batas yang dapat ditoleransi’ atau ‘membuat orang lain kesal’. Misal penggunaan pada kalimat :

  • Stasiun televisi tersebut menampilkan konten yang bagi beberapa pihak cukup ofensif.

 (Artinya konten yang ditayangkan televisi tersebut dapat menyinggung beberapa pihak karena melewati batas yang dapat ditolerasi penontonnya)

Selain itu, pengertian ofensif menurut Cambridge Dictionary adalah sebagai sesuatu yang tidak mengenakkan.

Dalam dunia olahraga seringkali kita mendengar istilah strategi ofensif. Begitu pula dalam dunia bisnis dikenal istilah strategi ofensif. Strategi ofensif dalam bisnis didefinisikan sebagai strategi yang memiliki tujuan yntu meningkatkan posisi kompetitif dari suatu perusahaan dengan mengambil pangsa pasar dari pesaing lain.

Sedangkan pengertian defensif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah suatu ‘sikap bertahan’ atau ‘sesuatu yang digunakan atau dimaksudkan untuk bertahan’. Misalnya dalam definisi berikut :

  • Ranjau, meriam penangkis serangan udara, dan lain sebagainya merupakan senjata ofensif militer.

(Artinya, senjata yang disebutkan di atas merupakan senjata militer yang digunakan untuk bertahan dari serangan musuh)

Lalu, Merriam – Webster mendefinisikan defensif sebagai suatu usaha melindungin seseorang atau sesuatu dari sebuah serangan. Dalam konteks olahraga, Meriam – Webster mengartikan istilah defensif sebagai sesuatu yang berhubungan dengan cara mencegah lawan untuk mencetak angka dalam suatu pertandingan. Sama dengan istilah ofensif, dalam dunia bisnis dikenal pula istilah strategi ofensif. Strategi defensif dalam bisnis merupakan strategi yang bertujuan untuk mempertahankan posisi perusahaan di pasar. Srategi bisnis ini biasanya digunakan oleh organisasi bisnis yang makan untuk menghadapi serangan dari pesaing – pesaingnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ofensif dan defensif. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan strategi ofensif dan defensif secara umum ya ! Lihat juga pengertian dinamis 🙂