PENGERTIAN OPSIONAL


  • Pengertian opsional dalam cerpen itu apa sih ?
  • Apa itu opsional ? Apa arti kata opsional ?
  • Apa yang dimaksud dengan opsional ?
  • Apa yang dimaksud opsional dalam cerpen ?
  • Jelaskan yang dimaksud dengan opsional !

Pengertian Opsional


Pengertian opsional Menurut Para Ahli

Arti opsional adalah :

Pengertian opsional adalah sesuatu hal yang bersifat pilihan, yang dapat dilakukan ataupun tidak dilakukan, diambil atau tidak diambil yang sifatnya tidak diwajibkan.

Definisi opsional adalah adalah sesuatu hal yang tidak wajib / tidak mutlak harus dilakukan, hal tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pilihan masing-masing seseorang. Contohnya : Semua peserta seminar diwajibkan berpakaian yang rapih dengan menggunakan baju lengan panjang berwarna putih, sedangkan memakai dasi adalah hal yang bersifat opsional. Dasi di sini bersifat pilihan, yang artinya tidak salah jika kita tidak menggunakan dasi dan boleh-boleh saja / tidak ada larangan jika kita memakai dasi dalam acara seminar tersebut.

Pengertian opsional dalam cerpen adalah unsur-unsur yang boleh dimasukkan ke dalam suatu cerpen seperti koda dan abstrak yang mana kedua unsur ini boleh ada ataupun boleh tidak dimasukkan ke dalam cerpen (tidak wajib ada).


Kata opsional merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu “Optional”. Kata optional sendiri berasal dari kata dasar option yang memiliki arti sebagai “pilihan atau kehendak”. Option-al, akhirnya al ini di dalam bahasa inggris menunjukan kata sifat. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian opsional adalah “Bebas dalam memilih sesuai dengan kehendak pribadi”.

Kita sendiri biasanya sering menjumpai kata opsional ini pada saat pengisian data diri kita untuk keperluan pendaftaran seperti pendaftaran akun sosial media, sekolah atau yang lainnya. Hal-hal yang bersifat opsional selalu melibatkan pilihan, dan tidak diwajibkan untuk dilakukan. Jadi dengan opsional kita diberikan kebebasan untuk mengatakan iya atau tidak yang sesuai dengan kehendak dari diri kita masing-masing.


Nah semoga teman-teman bisa menjelaskan pengertian opsional secara umum ya. Lihat juga pengertian mahligai 🙂