PENGERTIAN OTOT LURIK OTOT POLOS DAN OTOT JANTUNG


  • Pengertian otot lurik otot polos dan otot jantung itu apa sih ?
  • Apa itu otot lurik ? Apa arti otot polos ?
  • Apa perbedaan otot lurik otot polos dan otot jantung ?
  • Apa contoh otot lurik otot polos dan otot jantung ?
  • Apa yang dimaksud dengan otot polos otot lurik dan otot jantung ?

Pengertian Otot Lurik Otot Polos dan Otot Jantung


Pengertian Otot Lurik Otot Polos dan Otot Jantung Menurut Para Ahli

Arti otot lurik otot polos dan otot jantung adalah :

Otot merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting. Secara keseluruhan otot merupakan sebuah jaringan yang ada pada bagian dalam tubuh manusia ataupun hewan dimana jaringan ini berfungsi sebagai alat gerak untuk menggerakkan tulang. Otot kemudian dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Setiap otot ini memiliki pengertian, fungsi dan juga ciri-ciri masing-masing.

Adapun pengertian, cara kerja serta fungsi otot lurik otot polos dan otot jantung antara lain :

Otot Lurik

Pengertian otot lurik adalah otot yang memiliki tampilan sepertinya namanya yaitu tampilan lurik antara gelap dan terang dengan tampilan yang selang seling. Struktur otot lurik ini terletak pada bagian rangka dan menempel pada bagian rangka manusia sehingga otot ini juga sering disebut dengan otot rangka. Otot ini menempati seluruh bagian tubuh secara menyebar. Cara kerja otot lurik ini yaitu bekerja dibawah kesadaran atau disebut juga dengan (volunteer) atau bukan dengan refleks. Otot lurik ini juga memiliki ciri sebagai otot yang mudah untuk mengalami kelelahan karena adanya asam laktat yang menumpuk di sel otot lurik ini.

Contoh otot lurik adalah otot betis, otot lengan, otot paha dan otot perut.

Otot Polos

Pengertian otot polos adalah sel-sel otot yang dibentuk dari gelendong dengan bagian ujung yang meruncing dan hanya memiliki 1 inti sel saja. Beda dengan otot lurik, otot polos ini bekerja dengan sistem saraf tak sadar atau juga sering disebut dengan otonom. Otot polos banyak terdapat pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti pada organ pencernaan dan juga pada bagian pembuluh darah. Bentuk secara lebih rinci dari otot polos memiliki bentuk seperti perahu dan terletak di bagian organ dalam pada tubuh. Sistem pergerakan dari otot polos ini terbilang lambat dan juga mengalami mudah kelelahan. Otot polos ini juga memiliki cirr sebagai otot yang tidak dipengaruhi oleh otak ataupun juga tidak diperintah oleh otak.

Contoh otot polos adalah otot lambung, otot urat nadi, dan otot usus

Otot Jantung

Pengertian otot jantung adalah otot yang terletak di jantung yang terus bekerja tanpa henti. Fungsi otot jantung adalah untuk memompa darah pada jantung. Ciri ciri otot jantung yaitu, tampilan dari otot jantung ini merupakan gabungan antara otot lurik dan otot polos dimana otot jantung memiliki tampilan lurik atau memiliki sisi gelap dan terang dan juga hanya memiliki sel tunggal dibagian tengah. Otot ini merupakan otot yang bekerja dibawah kesadaran.

Contoh otot jantung adalah otot-otot yang terdapat pada organ jantung.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian otot lurik otot polos dan otot jantung. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan otot lurik otot polos dan otot jantung serta cara kerja otot lurik otot polos dan otot jantung secara umum ya ! Lihat juga pengertian mutan 🙂