PENGERTIAN PABEAN


  • Pengertian pabean dalam pajak itu apa sih ?
  • Apa itu pabean ? Apa arti kata pabean ?
  • Apa yang dimaksud dengan pabean ?
  • Apa yang dimaksud dengan wilayah pabean ?
  • Apa pengertian daerah pabean dalam pajak ?

Pengertian Pabean


Pengertian Pabean Menurut Para Ahli

Arti pabean adalah :

Pengertian pabean adalah kantor atau instansi yang memungut, mengawasi serta mengurus ekspor (bea keluar) dan impor (bea masuk) yang berada dalam kawasan pabean baik itu jalur darat, laut dan udara. Di Indonesia, pabean ini disebut dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Definisi pabean adalah instansi yang melakukan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk dan keluar di daerah pabean.

Pengertian kawasan pabean adalah kawasan yang mempunyai batas-batas tertentu seperti di bandar udara, pelabuhan laut, atau tempat lainnya yang sudah ditetapkan untuk lalu-lintas barang yang berada dalam pengawasan DirjenBea dan Cukai.

Pengertian daerah pabean adalah wilayah RI di darat, laut, udara dan lokasi-lokasi tertentu di Zona Ekonomi Ekslusif serta Landas Kontinen yang berlaku UU Kepabeanan.


Tahukah teman-teman mengapa barang-barang impor harganya relatif mahal jika dibandingkan produk sejenis buatan dalam negeri? Jika kita kesampingkan faktor kualitas barang dan biaya pengiriman barang, salah satu alasannya adalah biaya bea masuk yang dipungut oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).

Dengan adanya pungutan ini tentu berpengaruh pada harga barang, apalagi jika kurs dolar sedang meroket. Tidak hanya bea masuk, masih ada pungutan lain seperti pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan. Belum lagi jika barang yang diimpor termasuk barang mewah maka akan terkena pajak penjualan barang mewah.

Oleh karena itu ada pihak-pihak yang mencoba menghindari berbagai jenis pungutan ini dengan menyelundupkan barang-barang impor. Bukankah sering kita dengar berita penangkapan barang-barang selundupan, yaitu barang-barang dari luar negeri yang tidak melalui proses pemeriksaan oleh DJBC.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai merupakan instansi yang melakukan pengawasan, pemungutan, dan pengurusan bea masuk (impor) dan bea keluar (ekspor) terhadap barang-barang yang keluar masuk negara Indonesia melalui jalur darat, laut, dan udara. Instansi ini disebut juga dengan istilah pabean. DJBC berada di bawah Departemen Keuangan Republik Indonesia.

Agar DJBC dapat melaksanakan pengawasan dan pemungutan terhadap lalu lintas barang maka perlu diketahui dengan baik batas-batas daerah pabean yaitu wilayah yang terkena undang-undang kepabeanan meliputi seluruh wilayah Indonesia baik darat, perairan, dan udara, beberapa lokasi di zona ekonomi eksklusif, ditambah landas kontinen Indonesia. Semua barang baik yang keluar atau masuk daerah pabean ini dapat dipungut bea masuk dan bea keluarnya.

Sesuai dengan definisi di atas, pabean bertugas menetapkan dan melaksanakan seluruh kebijakan dan aturan teknis mengenai tata cara pelaksanaan kepabeanan dan cukai berdasarkan kebijakan dari menteri keuangan dan undang-undang yang berlaku. Seperti merumuskan tarif bea masuk dan keluar, merumuskan aturan atau prosedur pemeriksaan barang, memberikan bimbingan teknis mengenai tata cara pemeriksaan barang, dan lain sebagainya.

Selain sebagi sumber pendapatan negara, pemberlakuan bea masuk dan keluar juga banyak manfaatnya diantaranya untuk menjamin terpenuhinya kebutuahan dalam negeri, melindungi kelestarian alam, melindungi produk dalam negeri, dan lain-lain.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian daerah pabean dan kawasan pabean. Semoga artikel pengertian pabean dalam pajak ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian nusantara 🙂