PENGERTIAN PALET


  • Pengertian palet dalam seni lukis itu apa sih ?
  • Apa itu palet ? Apa arti kata palet ?
  • Apa yang dimaksud dengan palet ?
  • Apa pengertian palet kayu ?
  • Apa pengertian palette photoshop ?

Pengertian Palet


Pengertian Palet Menurut Para Ahli

Arti palet adalah :

Pengertian palet adalah alat berbentuk lempeng menyerupai perisai yang biasa digunakan pelukis untuk menaruh berbagai warna cat, biasa disebut dengan palet warna.

Pengertian pisau palet adalah pisau yang digunakan untuk menaruh warna cat ke palet warna.

Pengertian palet pada photoshop adalah menu yang berisikan berbagai warna layaknya palet cat yang digunakan untuk melukis.

Definisi palet adalah tatakan yang pada umumnya terbuat dari papan kayu yang berguna untuk meletakkan barang yang berguna untuk memudahkan transportasi dan penyimpanan. (pengertian palet kayu)


Sebagian besar masyarakat mungkin mengenal istilah palet dalam seni melukis. Palet adalah salah satu peralatan melukis yang berfungsi sebagai tempat menaruh dan mencampurkan cat. Berupa lempengan yang berbentuk perisai yang memiliki lengkungan-lengkungan untuk menaruh cat dengan warna yang berbeda-beda. Ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan petak-petak untuk meletakkan cat sesuai warnanya. Palet ada yang terbuat dari kayu atau plastik.

Berdasarkan jenis pelarut cat ada dua jenis palet, pertama palet untuk cat yang bahan pelarutnya air dan yang kedua palet untuk cat yang bahan pelarutnya minyak. Palet untuk cat dengan pelarut air memiliki lengkungan-lengkungan untuk menaruh cat agar tidak tumpah. Sementara palet untuk cat dengan pelarut minyak hanya berupa lempengan papan tanpa lengkungan karena cat minyak tidak mudah tumpah dan lebih kental, selain itu cat minyak biasanya juga tidak langsung dicairkan di palet.

Sebuah palet biasanya memiliki pegangan dan berbobot ringan karena benda ini sering diangkat dengan satu tangan oleh pelukis sementara tangan lainnya memegang kuas. Sehingga faktor ergonomis dan bobot sangat berpengaruh dalam merancang sebuah palet.

Dalam bidang industri juga dikenal istilah palet. Palet adalah sebuah alat yang berbentuk dua lapisan kayu (tergantung bahan dasarnya) yang disusun satu arah dan diantaranya diberi balok yang diletakkan melintang. Alat ini sangat berguna dalam penyimpanan dan pemindahan barang.

Seperti yang kita ketahui sebuah industri biasanya berhubungan dengan pengelolaan barang yang jumlahnya sangat besar dan berbobot sangat berat. Tentu tidak mungkin memindahkan barang-barang tersebut satu persatu secara manual. Untuk itu diperlukan palet untuk menumpuk barang sehingga lebih mudah ketika dipindahkan dan disimpan di gudang. Dengan menggunakan palet pemindahan dan penyimpanan barang menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Kebanyakan palet yang digunakan untuk kebutuhan industri terbuat dari kayu. Palet yang terbuat dari kayu lebih mampu menahan beban yang berat dibandingkan palet yang terbuat dari plastik. Selain itu palet ini juga dapat didaur ulang. Akan tetapi palet kayu memiliki kelemahan yaitu mudah lapuk seperti bila terkena air atau dihinggapi rayap.

Berbeda dengan palet plastik yang tidak akan lapuk bila terkena air serta terbebas dari rayap. Karena masing-masing palet memiliki kelebihan dan kekurangan maka kita dapat memilihnya sesuai dengan karakteristik produk dan industri.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian palet. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian palette secara umum ya ! Lihat juga pengertian paku purba 🙂