PENGERTIAN PALPITASI


  • Pengertian palpitasi jantung itu apa sih ?
  • Apa itu palpitasi ? Apa arti kata palpitasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan palpitasi ?
  • Apa penyebab palpitasi jantung ?

Pengertian Palpitasi


Pengertian Palpitasi Menurut Para Ahli

Arti palpitasi adalah :

Definisi palpitasi adalah istilah medis untuk kondisi denyut jantung yang mempunyai kecepatan tidak normal, tidak teratur dan terlalu kuat.

Pengertian palpitasi adalah suatu kondisi detak jantung yang tidak normal, jantung berdetak lebih cepat atau lebih lambat daripada detak normalnya atau berdetak tidak teratur. Biasanya hal ini dapat langsung dirasakan penderitanya atau dipastikan melalui pemeriksaan medis. Efek samping palpitasi adalah perasaan yang gelisah, tidak bisa konsentrasi, sesak nafas dan tidak nyaman.


Pernahkah teman-teman merasa cemas, ketakutan, atau grogi? Pada kondisi tersebut biasanya akan ada perasaan berdebar-debar, jantung rasanya berdetak lebih cepat daripada biasanya. Hal ini normal dan dialami oleh hampir semua orang. Kondisi ini dalam dunia medis disebut dengan palpitasi.

Detak jantung normal manusia adalah 60-100 kali per menit. Jika detak jantung seseorang lebih lambat atau lebih cepat dari angka tersebut atau tidak teratur maka seseorang dikatakan mengalami palpitasi. Palpitasi dirasakan oleh orang-orang pada umumnya, tetapi lebih sering terjadi pada usia dewasa muda dan wanita.

Palpitasi dapat terjadi karena faktor lingkungan atau karena kondisi di dalam tubuh. Penyebab palpitasi diantaranya faktor lingkungan seperti mengonsumsi kafein, alkohol, serta terpapar asap rokok. Palpitasi juga dapat terjadi karena ada permasalahan di dalam tubuh seperti level elektrolit yang tidak normal dan anemia, hormon adrenalin meningkat karena stres atau sakit, serta kondisi tertentu seperti hamil dan menopause.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pseudoefedrin, albuterol, amfetamin, kokain dan narkotika juga dapat menyebabkan terjadinya palpitasi. Palpitasi juga dapat berarti manifestasi suatu penyakit seperti hyperthyroidism, atherosclerosis, penyakit jantung bawaan, kelainan katup jantung, dan lain-lain.

Ada empat jenis palpitasi jantung yaitu takikardi atau tachycardia, bradikardi atau bradycardia, fibrilasi, dan aritmia. Takikardi merupakan kondisi detak jantung lebih dari 100 kali per menit, sementara bradikardi merupakan kondisi detak jantung kurang dari 60 kali per menit. Fibrilasi terjadi ketika jantung berdetak cepat dimana terjadi kontraksi otot-otot jantung secara tidak sinkron. Dan aritmia merupakan kondisi detak jantung yang tidak teratur.

Walaupun palpitasi bukanlah kondisi berbahaya, akan tetapi tetap perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan gejala dari penyakit serius. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika pertama kali mengalami palpitasi atau palpitasi yang disertai gejala lain seperti pusing, banyak berkeringat, tidak sadarkan diri, dada terasa nyeri, muntah, dan sesak napas.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian palpitasi jantung. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian palpitasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian palet 🙂