PENGERTIAN PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN


  • Pengertian pasar tradisional dan pasar modern itu apa sih ?
  • Apa itu pasar tradisional dan pasar modern ?
  • Apa arti kata pasar tradisional ?
  • Apa yang dimaksud dengan pasar tradisional dan pasar modern ?
  • Sebutkan perbedaan pasar tradisional dan pasar modern !

Pengertian Pasar Tradisional dan Pasar Modern


Pengertian Pasar Tradisional dan Pasar Modern Menurut Para Ahli

Arti pasar tradisional dan pasar modern adalah :

 Pengertian pasar tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD dan pihak swasta yang tempat usahanya berupa kios, toko, tenda dan los yang dimiliki atau dikelola oleh pedagang kecil, menengah, koperasi atau swadaya masyarakat yang proses jual belinya dilakukan lewat proses tawar menawar. (Peraturan Presiden no. 112 tahun 2007)

Definisi pasar tradisional adalah sebuah tempat terbuka yang terjadi proses transaksi jual beli dengan proses tawar menawar. Di pasar tradisional ini para pengunjungnya tidak selalu menjadi pembeli karena dia juga bisa menjadi penjual. Pasar tradisional bisa digolongkan ke dalam 3 bentuk yakni pasar khusus, pasar berkala dan pasar harian. (Sadilah dkk : 2011)

Pengertian pasar tradisional adalah bentuk paling awal dari pasar yang  terdiri dari deretan stan atau kios yang berada di ruang terbuka dan pada umumnya terletak di sepanjang jalan utama dekat pemukiman penduduk. Sejak dahulu para pedagang dan petani sudah banyak melakukan pertukan hasil pertanian mereka di tempat seperti ini. (Gallion : 1986)

Pengertian pasar modern adalah suatu pasar dimana pembeli dan penjualnya tidak melakukan transaksi secara langsung. Pembeli hanya melihat label harga pada suatu kemasan produk dan pembeliannya dilayani secara mandiri oleh pramuniaga contohnya supermarket, minimarket, hipermarket dsb. (Hutabarat : 2009)


Pasar tradisional adalah pasar yang segala bentuk jual beli dilakukan secara tradisional, yaitu transaksi masih dilakukan dengan sistem tawar menawar. Pasar tradisional biasanya menjual kebutuhan rumah tangga dan lokasinya berada di tempat terbuka. Pasar tradisional juga digelar secara dadakan dan bersifat sementara karena hanya pada satu waktu. Misalnya, pasar subuh yang hanya diadakan saat menjelang subuh.

Tetapi ada juga pasar tradisional yang memang telah disediakan pemerintah untuk digunakan sebagai pasar dan pada lokasi ini jenis tokonya berupa kios kecil dan penjual yang menggelar dagangan secara los di tanah. Karena lokasinya berada di tempat terbuka, biasanya kebersihan pasar tradisional kurang terjaga karena sampah berserakan dimana-mana dan menimbulkan bau yang tak sedap. Namun karena harga yang murah dan dapat ditawar, pembeli tetap bersedia berbelanja di pasar tradisional. Untuk saat ini pemerintah telah berupaya merubah citra pasar tradisional yang semula kumuh dan bau menjadi lebih bersih dan tertata rapi.

Berbeda dengan pasar tradisional, pasar modern adalah pasar yang dijual secara modern dan tidak bisa ditawar oleh pembeli karena harga yang tertera yaitu harga pas. Tetapi pasar modern memiliki tatanan yang lebih rapi, bersih dan nyaman. Pasar modern tak hanya menjual kebutuhan sehari-hari tetapi juga kebutuhan sandang dan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Contohnya mall, plaza, supermarket dan lain-lain.

Pada pasar modern, penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, tetapi pembeli melihat harga yang sudah tertera dan langsung membayarnya. Produk yang dijual di pasar modern diberi barcode untuk memasukkan harga ke dalam sistem komputer. Pembeli dapat berkomunikasi dan meminta bantuan kepada pramuniaga yang memang disediakan untuk memudahkan dan memberikan pelayanan yang baik kepada para pembeli.

Setelah mendapatkan barang yang diinginkan, pembeli membawa barang-barang tersebut ke kasir yang bertugas menjumlahkan total pembelanjaan pembeli dan tanpa menawar pembeli harus membayarkan sejumlah uang sesuai total yang telah dihitung oleh kasir.


Oke itulah penjelasan pengertian pasar tradisional dan pasar modern secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan pasar tradisional dan modern secara umum ya ! Lihat juga pengertian porter dalam hotel 🙂