PENGERTIAN PATOGEN DAN APATOGEN


  • Pengertian patogen dan apatogen itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan patogen dan apatogen ?
  • Apa pengertian bakteri patogen dan nonpatogen ?
  • Apa itu patogen dan apatogen ?
  • Apa arti patogen dan apatogen ?

Pengertian Patogen dan Apatogen


Pengertian Patogen dan Apatogen Menurut Para Ahli

Arti patogen adalah :

Definisi patogen adalah organisme hidup yang kecil, seperti bakteri atau virus, yang membuat orang sakit.

Pengertian patogen adalah mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan virus yang bersifat parasit (hidup dari inang) dan menyebabkan penyakit.

Definisi nonpatogen adalah tidak mampu menyebabkan penyakit yaitu dalam hal ini adalah organisme yang tidak bisa menyebabkan penyakit apabila ia secara sengaja ataupun tidak sengaja dikonsumsi.

Istilah patogen mungkin bukan istilah yang kita kenal sehari-hari. Istilah ini bahkan sangat jarang didengar apalagi oleh masyarakat awam. Istilah ini lebih dikenal dalam bidang biologi yaitu mikroorganisme patogen dan apatogen.

Pengertian mikroogranisme patogen adalah mikroorganisme parasit yang menimbulkan penyakit atau merugikan inang yang ditumpanginya. Sedangkan pengertian mikroorganisme apatogen adalah mikroorganisme yang sama sekali tidak merugikan inangnya.

Pengertian patogen adalah sesuatu hal yang merusak, dalam hal ini mengacu pada makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata biasa yang hidupnya menumpang dan menimbulkan penyakit pada makhluk hidup yang ditumpanginya. Contoh mikroorganisme yang dapat menjadi patogen adalah bakteri, virus, fungi, protozoa, dan cacing.

Contoh bakteri patogen dan nonpatogen :

  • Bakteri patogen : Streptococcus, Tuberkulosis & Staphylococcus.
  • Contoh bakteri non patogen : Escherichia coli, nitrosomonas dan nitrobakter yang merupakan jenis bakteri perombak yang bermanfaat dalam memelihara kualitas air.

Kita tidak bisa menghindari patogen karena mereka ada dimana-mana, bahkan di dalam tubuh kita sendiri. Tapi mengapa kita tidak sakit terus menerus ? Hal ini karena sistem imun atau kekebalan tubuh kita sudah lebih dulu menghancurkannya sebelum mereka dapat merusak. Ada saatnya dimana sistem kekebalan tubuh kita mengalami penurunan seperti ketika kita sering begadang, stres, jarang berolahraga, atau bisa juga karena sembarangan mengonsumsi antibiotik tanpa resep dokter.

Pada saat itulah patogen ini menyerang tubuh kita sehingga kita menjadi sakit tergantung patogen apa yang menyerang. Contohnya staphylococcus aureus yang merupakan mikroorganisme yang normal ada di tubuh kita yaitu di sekitar permukaan kulit, hidung, dan mulut. Akan tetapi ketika sistem kekebalan tubuh menurun maka ia akan berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan penggumpalan darah.

Seseorang dikatakan terinfeksi jika patogen telah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Akibat yang ditimbulkan infeksi patogen tergantung beberapa faktor diantaranya jumlah patogen yang masuk ke dalam tubuh, kekuatan patogen tersebut, dan kemampuan sistem imun tubuh melawan infeksi patogen tersebut.

Kebalikan dari patogen, pengertian non patogen adalah tidak merusak yang merupakan istilah untuk mikroorganisme parasit yang tidak menimbulkan penyakit atau merugikan inang yang ditumpanginya. Walaupun mereka menumpang hidup pada makhluk hidup lain dan mengambil sisa makanannya akan tetapi mereka tidak merusak inangnya, seperti streptomyces griseus, lactobacillus, dan escherichia coli.

Bakteri escherichia coli yang terdapat dalam usus besar dan usus kecil membantu memecah gula dalam proses pencernaan. Ada juga bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus yang dimanfaatkan dalam proses pembuatan yogurt.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi patogen dan apatogen. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian patogen dan apatogen ya ! Lihat juga pengertian angket menurut para ahli 🙂