PENGERTIAN PATRILINEAL DAN MATRILINEAL


  • Pengertian patrilineal dan matrilineal itu apa sih ?
  • Apa itu patrilineal dan matrilineal ?
  • Apa yang dimaksud dengan patrilineal dan matrilineal ?
  • Apa perbedaan patrilineal dan matrilineal ?
  • Apa contoh matrilineal dan patrilineal ?

Pengertian Patrilineal dan Matrilineal


Pengertian Patrilineal dan Matrilineal Menurut Para Ahli

Arti patrilineal dan matrilineal adalah :

Pengertian patrilineal adalah sistem kekerabatan yang mengambil garis keturunan dari pihak ayah yang akan berpengaruh dalam hal pemberian suku atau marga untuk anak yang lahir, pengaturan hak dan kewajiban dalam adat, sistem pewarisan, dan lain-lain. Diantara suku bangsa yang menganut sistem kekerabatan ini adalah bangsa arab, suku batak, dan suku rejang.

Pengertian matrilineal adalah sistem kekerabatan yang mengambil garis keturunan dari pihak ibu yang juga akan mempengaruhi suku atau marga anak yang dilahirkan, sistem pewarisan, dan lain sebagainya.

Diantara suku bangsa yang menganut sistem kekerabatan matrilineal adalah suku minangkabau di daerah Sumatera Barat, suku indian di Apache Barat, suku nakhi di provinsi Sichuan dan Yunnan daerah Tiongkok, suku khasi di Meghalaya daerah India Timur Laut, penduduk asli Amerika Serikat seperti suku navajo, dan suku-suku kecil di kepulauan asia pasifik. Sistem kekerabatan matrilineal lebih jarang digunakan daripada sistem kekerabatan patrilineal yang lebih umum digunakan di seluruh dunia.


Marga, suku, atau nama belakang merupakan hal yang penting bagi seseorang. Apalagi jika hidup di daerah yang masih menjunjung tinggi adat istiadat. Melalui marga dan suku kita dapat mengetahui garis keturunan seseorang, berasal dari manakah ia, siapa ayah atau ibunya, dan hal-hal lainnya. Begitupula dengan nama belakang seseorang, di dunia internasional nama belakang menunjukkan siapa ayah atau suami seseorang. Bahkan secara formal seseorang akan dipanggil dengan nama belakangnya.

Darimanakah seseorang mendapatkan marga atau suku? Seseorang yang lahir di suatu daerah akan mendapatkan marga atau suku sesuai dengan sistem kekerabatan yang digunakan di daerah tersebut. Ada dua jenis sistem kekerabatan yang umum dikenal yaitu patrilineal dan matrilineal.

Sistem kekerabatan yang dianut akan mempengaruhi banyak hal salah satunya pola menetap sebuah keluarga baru. Bagi masyarakat yang menganut sistem kekerabatan patrilineal, pasangan yang baru menikah akan tinggal bersama atau di sekitar kediaman pihak keluarga laki-laki, hal ini disebut juga patrilokal. Sementara bagi masyarakat matrilineal, pasangan yang baru menikah akan tinggal bersama atau di sekitar kediaman pihak keluarga perempuan atau yang disebut juga dengan matrilokal.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian patrilineal dan matrilineal. Mudah-mudahan kalian bisa memahami apa perbedaan antara sistem kekerabatan patrilineal dan matrilineal secara umum ya ! Lihat juga pengertian palpitasi jantung 🙂