PENGERTIAN PATRILOKAL


  • Pengertian patrilokal itu apa sih ?
  • Apa itu patrilokal ? Apa arti kata patrilokal ?
  • Apa yang dimaksud dengan patrilokal ?
  • Apa contoh patrilokal ?
  • Apa arti adat patrilokal ?

Pengertian Patrilokal


Pengertian Patrilokal Menurut Para Ahli

Arti patrilokal adalah :

Pengertian patrilokal adalah adat yang mengatur pasangan suami istri untuk menetap bersama atau di sekitar tempat tinggal keluarga dari pihak suami.

Definisi patrilokal adalah adat untuk menetap setelah menikah dimana pasangan suami istri harus tinggal di sekitar rumah keluarga suami.


Pasangan suami istri yang baru menikah akan memulai kehidupan baru. Mereka akan membentuk keluarga baru dan biasanya mereka akan mulai memikirkan tempat tinggal sendiri. Ada yang langsung mandiri dengan tinggal terpisah dari orangtua dan ada pula yang masih tinggal bersama orangtua. Keluarga baru ini tentu tidak mungkin selamanya akan tinggal menumpang di rumah orangtua, apalagi jika anggota keluarganya sudah bertambah sementara adik atau kakaknya juga akan menikah.

Adat di suatu daerah juga mengatur dimana pasangan suami istri yang baru menikah akan menetap. Apakah di rumah keluarga pihak suami, rumah keluarga pihak istri, atau tinggal terpisah dari keluarga.

Adat patrilokal biasanya diterapkan oleh daerah yang menganut sistem kekerabatan patrilineal dimana garis keturunan diambil dari pihak ayah/suami. Salah satu yang menganut adat ini adalah suku koja yang tinggal di daerah pekojan dan sekitarnya.

Suku koja merupakan warga Indonesia keturunan pakistan. Di dalam suku koja suami merupakan pemimpin dalam keluarga sehingga istri harus patuh dan mengikuti suaminya sehingga pasangan yang baru menikah cenderung akan tinggal di rumah keluarga suami.

Adat ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat yang menganut adat patriarkal, masyarakat yang menganut adat selain patriarkal juga ada yang menerapkan adat ini untuk tujuan-tujuan tertentu. Misalnya karena pasangan baru tersebut belum mandiri sehingga belum mampu memiliki tempat tinggal sendiri sehingga untuk sementara waktu mereka tinggal bersama keluarga. Atau dalam hal membantu perawatan anak bagi pasangan suami istri yang keduanya sama-sama bekerja.

Adat ini tentu sangat berpengaruh pada hubungan anak-anak dengan keluarga dari pihak suami dan istri. Masyarakat yang memakai adat patrilokal biasanya anak-anak mereka akan lebih sering bergaul dengan keluarga dari pihak suami sehingga anak-anak lebih dekat dengan keluarga suami. Anak-anak tetap dikenalkan dengan keluarga dari pihak istri, hanya saja karena jarang bertemu sehingga ikatan kekeluargaan dan keakraban terasa kurang kuat.


Nah itulah penjelasan patrilokal secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian adat patrilokal secara umum ya ! Lihat juga pengertian patrilineal dan matrilineal 🙂