PENGERTIAN PELUH


  • Pengertian peluh itu apa sih ?
  • Apa itu peluh ? Apa arti kata peluh ?
  • Apa yang dimaksud dengan peluh ?
  • Apa penyebab peluh ?

Pengertian Peluh


Pengertian Peluh Menurut Para Ahli

Arti peluh adalah :

Pengertian peluh adalah air yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit ketika suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu normalnya atau karena alasan-alasan lain.

Definisi peluh adalah keringat yang keluar dari lubang pori-pori kulit yang biasanya disebabkan karena bekerja keras. Persamaan kata peluh adalah keringat. Bermandikan peluh artinya bermandikan keringat. Arti kata berpeluh berarti berkeringat.


Semua orang pasti pernah mengeluarkan peluh atau keringat. Apalagi pada saat sekarang dimana suhu bumi terasa lebih panas dari biasanya. Sering kita dengar berita mengenai peningkatan suhu yang sangat ekstrem di berbagai belahan dunia yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Apa sebenarnya peluh itu?

Mengeluarkan peluh atau keringat merupakan cara tubuh untuk mendinginkan dan menormalkan kembali suhu tubuh. Ketika suhu tubuh di atas normal maka kelenjar keringat akan diaktifkan sehingga keringat akan keluar melalui pori-pori kulit. Kemudian keringat tersebut akan menguap karena panas tubuh dan suhu tubuhpun mulai turun.

Biasanya kita akan berkeringat ketika suhu panas atau setelah beraktivitas fisik seperti berlari. Selain itu makanan atau minuman yang panas dan pedas juga dapat menyebabkan kita berkeringat. Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan kita mengeluarkan keringat seperti demam, angina, diabetes, dan kanker.

Kita juga dapat berkeringat ketika sedang merasakan emosi yang kuat seperti ketakutan, grogi, senang, dan lain sebagainya. Bukankah sering kita dengar seseorang yang berkeringat dingin ketika sedang melakukan wawancara kerja. Kandungan nikotin di dalam rokok juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat. Masa kehamilan dan menopause juga dapat membuat seseorang lebih berkeringat daripada biasanya.

Pada wanita menopause, penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh mempengaruhi suhu internal tubuh sehingga tubuh lebih berkeringat daripada biasanya. Mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat, contohnya seperti ibuprofen, obat penurun tekanan darah, obat antidepresan, dan beberapa obat diabetes.

Pada sebagian orang berkeringat juga diikuti dengan munculnya bau tidak sedap. Mengapa demikian? Pada dasarnya keringat yang kita keluarkan tidak berbau. Bau tersebut muncul karena sel kelenjar apokrin yang berfungsi mengeluarkan keringat dalam tubuh sangat mudah rusak.

Sel kelenjar apokrin yang rusak dan membusuk, kemudian diserang oleh bakteri, inilah yang menyebabkan keringat berbau tidak sedap. Kelenjar apokrin ini terutama terletak di area genital, ketiak, dan sekitar putting sehingga banyak orang menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau tidak sedap yang muncul.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian kata peluh. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian peluh secara umum ya ! Lihat juga pengertian pegadaian syariah 🙂