PENGERTIAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF


  • Pengertian pembelajaran konstruktif itu apa sih ?
  • Apa itu pembelajaran konstruktif ?
  • Apa arti kata pembelajaran konstruktif ?
  • Apa yang dimaksud dengan pembelajaran konstruktif ?
  • Apa tujuan pembelajaran konstruktif ?

Pengertian Pembelajaran Konstruktif


Pengertian Pembelajaran Konstruktif Menurut Para Ahli

Arti pembelajaran konstruktif adalah :

Pengertian pembelajaran konstruktif adalah sebuah proses membangun pengetahuan di dalam kerangka berpikir kognitif para siswa yang berdasarkan pada pengalaman. (Sanjaya : 2006)

Definisi pembelajaran konstruktif adalah suatu proses belajar mengajar dalam mencari suatu makna dimana guru mendorong murid supaya bisa aktif untuk mengkonstruksikan sebuah makna. Pendek kata, guru berperan sebagai mediator dan partner kerja siswa dalam belajar. (Daniel : 2008)


Bagi teman-teman yang bersekolah di tahun 90-an tentu paham benar bagaimana proses belajar mengajar secara konvensional. Guru menerangkan mata pelajaran di depan kelas sementara para murid mendengarkan. Murid bersikap pasif dan menerima apa saja yang disampaikan guru dan cenderung malu untuk mengajukan pertanyaan sehingga pemahaman murid terhadap bidang ilmu tersebut hanya sebatas permukaan saja dan tidak memahami dengan baik sampai ke dasar-dasarnya.

Misalnya dalam pelajaran fisika, murid diajarkan rumus-rumus dan ketika murid sudah mampu menyelesaikan soal-soal di buku murid dianggap pintar. Meskipun murid paham mengenai rumus-rumus tersebut akan tetapi ketika dihadapkan pada kasus nyata dalam kehidupan sehari-hari maka murid menjadi bingung karena selama ini ilmunya hanya di atas kertas dan terpatok pada rumus.

Untuk itu orang-orang mulai beralih ke model pembelajaran konstruktif. Pengertian model pembelajaran konstruktif adalah proses belajar mengajar yang menuntut siswa untuk aktif secara mental membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan struktur kognitif (kerangka mental seseorang dalam mengambil informasi dari lingkungan sekitar, menginterpretasikannya, mengorganisirnya kembali, serta mentransformasikannya) yang dimilikinya.

Dengan demikian, guru tidak lagi mengajarkan siswa bagaimana cara memecahkan suatu persoalan akan tetapi guru akan melemparkan sebuah masalah dan mendorong para siswa untuk menemukan cara mereka sendiri dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Para siswa akan mengemukakan solusi masing-masing, mendiskusikannya, bertukar ide, dan menemukan cara yang dirasa masuk akal dan diterima semua siswa.


Lalu apa tujuan pembelajaran konstruktif ?


Dengan model pembelajaran seperti ini siswa dituntut aktif mencari pengetahuan dari pengalamannya sendiri sehingga ilmu tersebut dapat dipahami secara mendasar. Siswa diberdayakan dengan pengetahuan yang dimilikinya dan diajak berpikir kritis mencari solusi permasalahan dan bertukar pendapat dengan orang lain. Dengan pemahaman yang baik mengenai suatu bidang ilmu, siswa diharapkan mampu menyelesaikan berbagai masalah di dunia nyata berdasarkan ilmu yang dimilikinya.

Model pembelajaran konstruktif dapat diterapkan melalui 4 aspek yaitu perencanaan kegiatan belajar, strategi pembelajaran di kelas, kegiatan-kegiatan yang diberikan pada siswa, dan teknik mengajar guru. Guru membuat perencanaan kegiatan belajar yang mampu menggali dan mengajak siswa untuk menyampaikan ide-idenya, bekerja sama, mencari sumber informasi, dan lain sebagainya.

Dalam merealisasikan rencana tersebut guru harus memiliki strategi di dalam kelas seperti dengan melemparkan pertanyaan kepada para siswa dan merangsang siswa untuk menggunakan pemikiran, pengalaman, dan minat mereka dalam proses belajar. Kegiatan atau tugas yang diberikan kepada siswa juga harus mampu menarik siswa untuk menggali ide-ide dalam diri mereka dan menguji ide tersebut. Untuk merealisasikannya guru harus memiliki teknik mengajar yang tepat seperti menghargai setiap pendapat murid, mengajak siswa untuk berkolaborasi dan menghormati pendapat orang lain, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian model pembelajaran konstruktif. Mudah-mudahan kalian bisa memahami tujuan pembelajaran konstruktif secara umum ya ! Lihat juga pengertian artistik 🙂