PENGERTIAN PENETRASI


  • Pengertian pengertian penetrasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu penetrasi pasar ? Apa arti kata penetrasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan penetrasi ?
  • Apa pengertian penetrasi kebudayaan ?
  • Apa pengertian penetrasi sosial ?

Pengertian Penetrasi


Pengertian Penetrasi Menurut Para Ahli

Arti penetrasi adalah :

Setiap kali menyaksi tayangan sepakbola, sering kali kita mendengar komentator dengan semangat berteriak, “A, mencoba melakukan penetrasi ke area pertahanan lawan dari sisi kiri lapangan.” Atau mendengar istilah penetrasi kebudayaan, penetrasi pasar, dan lain sebagaimana. Sebenarnya apa definisi dari istilah penetrasi itu sendiri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut kami berikan penjelasannya.

Secara etimologi, penetrasi meruoakan serapan dari kata ‘penetration’ yang memiliki kata dasar ‘penetrate’. Istilah ‘penetrate’ diperkirakan muncul sekitar abad ke-16 berasal dari bahasa Latin, ‘penetratus’, yang berarti ‘di tempatkan’ atau ‘pergi ke-‘.

Merujuk pada KBBI, penetrasi (/pe-ne-tra-si/) diartikan sebagai suatu penembusan, penerobosan, atau perembesan. Sedangkan menurut kamus Oxford, istilah penetrasi mengacu pada suatu upaya untuk masuk atau melewati sesuatu, terutama yang menggunakan paksaan dan usaha lebih. Selain itu, “Oxford Dictionary” juga mendefinisikan penetrasi sebagai suatu keberhasilan memahami sesuatu.

Hampir mirip dengan pengertian dari kamus Oxford, “Cambridge Dictionary” mengartikan penetrasi sebagai bergerak masuk atau melewati sesuatu. Selain itu, “Cambridge Dictionary” juga mengartikan penetrasi sebagai suatu kesuksesan dalam menjadi bagian sebuah organisasi atau mendapatkan akses ke suatu perusahaan, atau organisasi, atau sistem yang sulit ditembus. Penetrasi juga dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mencapai sesuatu.

Dalam penerapannya sehari-hari, kata penetrasi mempunyain banyak artian tergantung pada penggunaannya. Berikut ini contoh penggunaan kata penetrasi berikut artinya :

Penetrasi pasar

Menurut Sofyan Assauri, pengertian penetrasi pasar adalah usaha perusahaan untuk meningkatkan penjualannya atas produk dan pasar yang telah tersedia melalui usaha – usaha pemasaran yang lebih agresif.

Penetrasi budaya

Pengertian penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke dalam kebudayaan lain. Penetrasi budaya dapat terjadi dalam dua cara, yakni penetrasi damai (penetration pasipique) dan penetrasi paksa (penetration violence).

Penetrasi dalam permainan olahraga (basket atau sepakbola)

Penetrasi dalam artian ini merupakan kemampuan suatu pemain untuk menerobos daerah pertahanan lawan.

Penetrasi dalam sosiologi

Pengertian penetrasi sosial adalah serangkaian proses pengembangan hubungan individu dengan masyarakat secara bertahap. Contohnya hubungan sosial tersebut diawali dari perkenalan, pengungkapan keterbukaan diri hingga terciptanya keakraban antar masyarakat atau bahkan bisa jadi hubungan tersebut gagal dikembangkan.

Penetrasi dalam telekomunikasi

Penetrasi dalam lingkup telekomunikasi memiliki tiga artian, yakni (1) bagian dari kawat, kabel, atau konduktor lainnya yang melalui suatu partisi dari suatu peralatan; (2) tindakan ilegal menerobos mekanisme keamanan suatu sistem kriptografi atau AIS; (3) bagian dari frekuensi radio yang berhasil melalui penghalang fisik, seperti partisi, dinding, bangunan, atau tanah.

Penetrasi dalam peperangan

Dalam peperangan atau dunia militer, penetrasi diartikan sebagai upaya menerobos secara langsung garis pertahanan lawan dengan manuver militer strategis.

Penetrasi dalam sulap

Ilusi yang menyebabkan suatu objek muncul setelah melewati suatu benda.

Penetrasi dalam seks

Pengertian penetrasi dalam biologi adalah proses alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian penetrasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian higienis 🙂