PENGERTIAN PENGIJON


  • Pengertian pengijon itu apa sih ?
  • Apa itu pengijon ? Apa arti kata pengijon ?
  • Apa yang dimaksud dengan pengijon ?
  • Pengijon artinya apa sih ?

Pengertian Pengijon


Pengertian Pengijon Menurut Para Ahli

Arti pengijon adalah :

Pengertian pengijon adalah orang yang membeli padi dan tanaman sejenisnya dengan menggunakan sistem ijon yaitu sistem penjualan hasil tanaman dimana kondisi tanaman tersebut masih belum dipetik dari batangnya atau masih hijau belum panen.

Definisi pengijon adalah orang yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan memanfaatkan masyarakat kecil yang kepepet kebutuhan sehari-hari, biasa disebut dengan tengkulak dsb.


Modal merupakan salah satu faktor penting untuk dapat menjalankan sebuah usaha apakah usaha perdagangan, pertanian, dan lain sebagainya. Banyak orang yang terkendala dengan hal ini ketika akan memulai usaha. Pada zaman sekarang kita lebih mudah dalam mengakses modal dengan cara meminjam uang ke bank, mencari investor yang tertarik dengan usaha kita, dan cara-cara lainnya.

Tetapi bagi masyarakat desa yang belum memahami dengan baik sumber-sumber pendanaan tersebut biasanya akan meminjam modal dari para pengijon atau tengkulak karena orang-orang inilah yang mereka ketahui sebagai sumber dana walaupun sistem ijon itu sendiri sangat mencekik mereka.

Pengijon adalah orang yang membeli padi atau hasil pertanian lainnya dengan cara ijon. Istilah ijon sendiri berasal dari kata ijo yang artinya hijau, yaitu pembelian padi atau hasil pertanian lainnya dalam kondisi masih hijau atau belum masak dan diserahkan kepada pengijon setelah panen dengan harga jual yang sangat rendah.

Petani di pedesaan kebanyakan tidak memiliki modal untuk memulai usaha pertanian seperti untuk membeli benih, pupuk, dan biaya hidup sehari-hari. Hal ini dimanfaatkan oleh para pengijon dengan meminjamkan uang kepada para petani dengan syarat petani harus menjual hasil panen kepada mereka dengan harga yang telah ditentukan dan tentu saja dengan harga rendah.

Sementara para pengijon dapat menjual kembali hasil panen dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini tentu sangat merugikan petani. Mereka sudah bekerja keras sementara hasilnya tidak seberapa. Terkadang hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Dengan cara seperti ini tentu sulit bagi para petani untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Yang lebih naas lagi jika hasil panen gagal sehingga para petani tidak dapat membayar hutangnya kepada pengijon. Tidak jarang petani kehilangan tanahnya yang digunakan untuk membayar hutang kepada pengijon. Walaupun demikian petani tidak memiliki pilihan lain karena mereka sangat membutuhkan modal tersebut.

Koperasi hadir sebagai salah satu solusi untuk mengatasi hal ini. Dengan berlandaskan asas kekeluargaan, koperasi memberikan akses modal kepada petani dengan bunga yang tidak mencekik. Selain itu tentu saja hasil pertanian dapat dijual dengan harga yang pantas. Bahkan para petani juga diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilannya.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian pengijon. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian dari pengijon secara umum ya ! Lihat juga pengertian peluh 🙂