PENGERTIAN PERKUSI DALAM KESEHATAN


  • Pengertian perkusi dalam kesehatan itu apa sih ?
  • Apa itu perkusi ? Apa arti kata perkusi ?
  • Apa yang dimaksud dengan perkusi ?
  • Apa pengertian perkusi dalam pemeriksaan fisik ?

Pengertian Perkusi Dalam Kesehatan


Pengertian Perkusi Dalam Kesehatan Menurut Para Ahli

Arti perkusi dalam kesehatan adalah :

Pernahkah teman-teman memperhatikan dokter yang sedang memeriksa pasien? Salah satu bentuk pemeriksaan yang dilakukan adalah dengan cara memukul bagian tubuh pasien, seperti bagian persendian, menggunakan tangan. Bagi orang awam kelihatannya hal ini bukan seperti pemeriksaan sungguhan, hanya sekedar memukul-mukul ringan. Padahal tindakan tersebut memiliki tujuan tertentu dimana bunyi yang dihasilkan dari pukulan tersebut memiliki arti mengenai kondisi bagian tubuh yang dipukul.

Pengertian perkusi dalam kesehatan adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dengan cara memukul atau mengetuk bagian tubuh pasien dengan menggunakan jari atau tangan. Dari pukulan yang dilakukan akan dihasilkan bunyi getaran atau gelombang suara yang dapat menunjukkan bentuk, ukuran, lokasi, serta kepadatan struktur di bawah kulit pada bagian yang dipukul.

Dalam melakukan pemeriksaan dengan cara perkusi kondisi pasien harus dalam keadaan rilex. Pasien dapat diposisikan berbaring, duduk, ataupun berdiri, tergantung bagian tubuh yang akan diperiksa.

Untuk meningkatkan relaksasi otot, minta pasien untuk mengambil napas yang dalam. Dan yang terakhir kuku jari-jari dokter atau pemeriksa harus dalam keadaan pendek agar tidak beresiko melukai pasien. Selain itu tangan pemeriksa juga harus hangat dan kering. Setelah itu pemeriksaan baru dapat dilakukan.

Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang optimal perkusi harus dilakukan secara seksama dan sistematis. Ada dua metode yang dapat digunakan dalam melakukan pemeriksaan dengan cara perkusi yaitu metode langsung dan tidak langsung. Perkusi dengan metode langsung dilakukan dengan cara langsung mengetuk atau memukulkan jari tangan ke bagian tubuh pasien. Bisa dengan satu atau dua ujung jari.

Perkusi dengan metode tidak langsung dilakukan dengan beberapa tahapan. Pertama letakkan dengan lembut jari tengah tangan kiri (tangan yang tidak dominan) di atas permukaan tubuh. Usahakan jari-jari lain dan telapak tangan tidak ikut menempel. Kemudian ketuk persendian menggunakan ujung jari tengah tangan kanan (tangan yang dominan). Ketukan atau pukulan harus dilakukan dengan cepat dan tajam.

Saat melakukan ketukan atau pukulan lengan tidak boleh bergerak dan pergelangan tangan harus rileks. Pukulan atau ketukan yang diberikan harus dengan kekuatan yang sama pada setiap area tubuh. Kemudian bunyi yang dihasilkan dapat dibandingkan apakah normal atau ada gangguan.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi perkusi dalam ilmu kesehatan. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian perkusi dalam kesehatan ya ! Lihat juga pengertian performa 🙂