PENGERTIAN PERKUSI DALAM SENI MUSIK


  • Pengertian perkusi dalam seni musik itu apa sih ?
  • Apa itu perkusi ? Apa arti kata perkusi ?
  • Apa yang dimaksud dengan perkusi ?
  • Apa yang dimaksud dengan musik perkusi ?
  • Apa yang dimaksud alat musik perkusi ?

Pengertian Perkusi


Pengertian Perkusi Menurut Para Ahli

Arti perkusi adalah :

Siapa yang tidak menyukai musik? Tua, muda, bahkan bayi sangat menyukai musik. Musik merupakan bahasa yang universal. Sebuah lagu dapat dinikmati oleh semua orang walaupun mereka tidak memahami liriknya. Dengan mendengarkan musik kita dapat mengetahui apakah lagu tersebut bernada sedih atau mengungkapkan kegembiraan.

Dapat dibayangkan betapa membosankannya jika tidak ada musik di dunia. Bahkan sebuah film akan terasa hambar tanpa diiringi musik pendukung. Musik pada awalnya hanya dimainkan dengan menggunakan suara manusia. Kemudian muncul alat bantu untuk memainkan musik salah satunya perkusi.

Pengertian perkusi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, ditabuh, digoyang, digosok, atau cara lain dengan menggunakan alat seperti tongkat ataupun dengan tangan kosong sehingga alat musik tersebut bergetar dan menghasilkan bunyi atau suara. Walaupun demikian arti musik perkusif tidak terbatas pada alat musik saja, semua benda yang dipukul dan menghasilkan bunyi dapat disebut perkusi. Contoh alat musik perkusi seperti gendang, rebana, tamborin, tom-tom, gong, dan masih banyak lagi.

Perkusi dapat dikatakan alat musik tertua karena alat musik ini sudah ada sejak zaman dahulu. Masyarakat zaman dahulu ketika akan berperang atau ketika berkumpul biasanya akan memukul-mukul suatu benda sambil menyanyi dan menari. Perkusi pada dasarnya sangat sederhana. Apa pun benda yang ada di sekitar kita dapat kita manfaatkan menjadi perkusi. Contohnya ketika kelas sedang tidak ada guru pasti sebagian siswa akan memukul-mukul meja sambil bernyanyi dan meja pun menjadi perkusi.

Sampai saat ini ada banyak jenis perkusi. Bahkan setiap negara mempunyai alat musik perkusi ciri khas masing-masing. Perkusi dapat dikelompokkan berdasarkan cara suara dihasilkan, berdasarkan fungsinya pada permainan musik, berdasarkan pengetahuan umum, berdasarkan adat istiadat, dan berdasarkan trend.

Ada dua Jjnis perkusi berdasarkan cara suara dihasilkan yaitu idiofoni dan membranofoni. Pada perkusi jenis idiofoni suara dihasilkan dari getaran yang berasal dari seluruh badan instrumen, contohnya bel dan triangle. Perkusi jenis membranofoni menghasilkan suara ketika membran pada instrumen dipukul, contohnya tom-tom dan drum bass.

Dalam sebuah permainan musik, ada alat musik perkusi bernada seperti tabla dan ada pula yang tidak bernada seperti anvil. Tidak bernada maksudnya tidak dapat ditentukan jenis nadanya karena frekuensi dari suara yang dihasilkan perkusi tersebut sangat kompleks.

Berdasarkan penggunaannya secara umum ada jenis perkusi yang umum dan populer digunakan dan ada pula yang kurang popoler. Jenis perkusi yang umum digunakan seperti populer drum kit dan tamborin. Sementara jenis perkusi yang kurang populer seperti pot bunga dan botol galon.

Jika dilihat dari adat istiadat, perkusi dapat digolongkan menjadi alat musik perkusi tradisional seperti urumee dan alat musik perkusi yang populer dan digunakan secara luas di dunia seperti alat musik perkusi pada marching band dan orkestra.

Berdasarkan trend penggunaannya ada alat musik perkusi konvensional dan recycled/rebel. Alat musik perkusi konvensional adalah jenis perkusi yang biasa dan umum dikenal seperti yang kita lihat pada marching band. Sementara itu alat musik perkusi recycled/rebel merupakan jenis perkusi yang dibuat dari barang-barang bekas atau barang-barang yang tidak biasa tetapi dapat menghasilkan suara dan harmonisasi yang indah. Contohnya seperti ember bekas dan drum bekas.


Itulah penjelasan musik perkusi secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian musik perkusi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian perkusi dalam kesehatan 🙂