PENGERTIAN PERSONAL ASSISTANT


  • Pengertian personal assistant itu apa sih ?
  • Apa itu personal assistant ? Apa arti personal assistant ?
  • Apa yang dimaksud dengan personal assistant ?
  • Apa tugas dan tanggung jawab personal assistant ?
  • Apa pekerjaan personal assistant ?
  • Apa perbedaan sekretaris dan personal asisten ?

Pengertian Personal Assistant


Pengertian Assistant Menurut Para Ahli

Arti personal assistant adalah :

Pengertian personal assistant adalah asisten pribadi manajer atau pihak atasan perusahaan yang mempunyai posisi penting dengan jadwal yang cukup padat.

Definisi personal assistant adalah orang yang bertindak sebagai kontak petama manajer dengan orang lain baik itu orang yang berasal dari dalam perusahaan ataupun dari luar perusahaan.


Seorang petinggi perusahaan seperti CEO atau Chief Executive Officer biasanya memiliki agenda kegiatan yang sangat padat. Bahkan terkadang kita harus membuat janji dahulu agar dapat bertemu. Mulai dari rapat internal, meeting dengan klien, sampai perjalanan dinas ke luar kota. Belum lagi urusan-urusan kantor yang sangat menyita waktu.

Untuk itu seorang petinggi perusahaan memiliki seorang asisten untuk membantunya menyiapkan segala kebutuhan dan mengatur jadwal dengan baik. Asisten ini biasanya disebut sekretaris atau personal assistant (PA).

Sekretaris dan personal assistant pada dasarnya memiliki tugas yang kurang lebih sama yaitu membantu dan menyiapkan segala kebutuhan seseorang dalam hal ini biasanya seorang kepala atau petinggi di kantor dalam urusan pekerjaan bahkan terkadang urusan pribadi. Perbedaannya seorang personal assistant lebih spesifik bertanggung jawab pada satu orang sementara sekretaris bertanggung jawab pada perusahaan secara umum.

Tugas seorang personal assistant biasanya merupakan tugas administratif, mengatur jadwal, menyiapkan segala kebutuhan pekerjaan, sebagai public relations, dan terkadang mengurus urusan pribadi atasan. Tugas administratif dapat dikatakan tugas rutin seorang personal assistant. Tugas ini kurang lebih sama seperti tugas staf pada umumnya.

Ada juga tugas yang berhubungan dengan pengaturan jadwal atasan agar kegiatan-kegiatan tidak ada yang tumpang tindih. Personal assistant juga berfungsi sebagai public relations yang mengatur hubungan baik atasan dengan internal perusahaan dan mitra bisnis. Dan terkadang juga membantu atasan dalam urusan pribadi seperti membeli kue ulang tahun untuk keluarga atasan.

Karena tugasnya yang sangat banyak seorang personal assistant harus dapat bekerja dengan sigap, cepat, dan teliti. Mereka harus sigap menyiapkan segala kebutuhan atasan dan dapat mengerjakan segala perintah atasan dengan cepat.

Selain itu mereka juga harus teliti dalam mengatur jadwal kegiatan atasan, jangan sampai ada agenda kegiatan yang tumpang tindih ataupun terlupakan. Personal assistant juga harus mampu berhubungan baik dengan mitra bisnis atasan, seperti apapun keadaannya seorang personal assistant harus mampu bersikap baik dengan mitra bisnis.

Untuk mendukung kinerjanya seorang personal assistant dapat menerapkan beberapa tips diantaranya berusaha datang lebih awal dan pulang paling akhir, fokus pada pekerjaan sehingga dapat menyelesaikannya dengan cepat, mengenali dan memahami atasan, mampu fleksibel dalam melaksanakan pekerjaan, berpenampilan yang baik, serta memperluas jaringan atau pergaulan.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian personal assistant. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian personal asisten dan tugas personal assistant secara umum ya ! Lihat juga pengertian pabean 🙂