PENGERTIAN PERSPEKTIF ATAU SUDUT PANDANG


  • Pengertian perspektif atau sudut pandang itu apa sih ?
  • Apa itu perspektif ? Apa arti kata perspektif ?
  • Apa yang dimaksud dengan perspektif ?
  • Apa pengertian perspektif sosiologi ?

Pengertian Perspektif


Pengertian Perspektif Menurut Para Ahli

Arti perspektif adalah :

Pengertian perspektif adalah kerangka konseptual, perangkat asumsi, perangkat nilai dan perangkat gagasan yang mempengaruhi persepsi seseorang sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi tindakan seseorang dalam situasi tertentu. (Joel M Charon)

Pengertian perspektif adalah suatu cara pandang terhadap suatu masalah yang terjadi, atau sudut pandang tertentu yang digunakan dalam melihat suatu fenomena. (Martono : 2010)

Definisi perspektif adalah cara pandang atau sudut pandang kita terhadap sesuatu. (Ardianto dan Q-Anees : 2007)

Pengertian perspektif sosiologi adalah asumsi yang digunakan dalam objek kajian sosiologi. Asumsi ini berupa cara pandang dalam memahami berbagai gejala yang terjadi berdasarkan keyakinan orang yang mempelajari objek tersebut. Macam-macam perspektif sosiologi antara lain : perspektif evolusionis, perspektif interaksionis, perspektif fungsionalis dan perspektif konflik.


Pengertian perspektif atau sudut pandang sebenarnya dapat diartikan sebagai cara seseorang dalam menilai sesuatu yang bisa dipaparkan baik secara lisan maupun tulisan. Hampir setiap hari orang-orang selalu mengungkapkan perspektif dan sudut pandang mereka mengenai berbagai macam hal. Sebagai contoh, orang yang selalu memberikan sudut pandangnya mengenai sesuatu melalui media sosial, dengan cara memperbaharui statusnya hingga mengomentari status teman atau saudaranya. Itu merupakan salah satu contoh yang terjadi dalam keseharian dimana sudut pandang seseorang dituangkan dalam sebuah tulisan.

Jika dilihat dari jenisnya, ternyata dalam perspektif ada 3 jenis sudut pandang yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • Perspektif mata burung

Jenis perspektif ini adalah cara pandang dengan melihat objek dari atas, sehingga dengan cara tersebut dapat mempermudah untuk menggambarkan sebuah ruangan, mulai dari bentuk, warna dan lainnya.

  • Perspektif mata manusia

Berbeda halnya dengan jenis perspektif yang pertama, perspektif ini menggunakan cara pandang dengan melihat sejajar objek yang dituju, sehingga dengan cara tersebut dapat mempermudah menggambarkan sebuah keadaan yang sebenarnya.

  • Perspektif mata cacing

Cara pandang ini dapat dilakukan dengan melihat objek dari bawah, sehingga dengan cara tersebut dapat menghasilkan sudut pandang yang berkesan dramatis.

Dari ketiga jenis pengertian perspektif di atas, kita bisa menarik benang merah bahwa setiap orang pasti punya cara tersendiri dalam melihat sebuah objek. Masing-masing cara pandang tersebut akan menghasilkan pendapat mengenai objek yang berbeda-beda pula.

Perspektif seseorang juga dapat mempengaruhi perilaku hingga gaya hidup seseorang menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk. Sebagai contoh, masyarakat yang diberi pandangan tentang agama Islam adalah agama teroris dan orang muslim adalah orang yang anarkis, maka orang tersebut akan menjauhi dan memusuhi pemeluk agama Islam, begitu juga sebaliknya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian perspektif atau sudut pandang. Mudah-mudahan kalian bisa memahami macam-macam perspektif secara umum ya ! Lihat juga pengertian juara umum 🙂