PENGERTIAN PERSPEKTIF DALAM SENI RUPA


  • Pengertian perspektif dalam seni rupa itu apa sih ?
  • Apa itu perspektif ? Apa arti kata perspektif ?
  • Apa yang dimaksud dengan perspektif dalam seni rupa ?
  • Apa tujuan perspektif dalam seni rupa ?
  • Apa pengertian perspektif satu titik hilang ?

Pengertian Perspektif


Pengertian Perspektif Menurut Para Ahli

Arti perspektif adalah :

Pengertian perspektif dalam seni rupa adalah suatu gambar hasil karya seni rupa dua dimensi yang mengandung maksud sebagai upaya agar benda atau objek yang digambar sesuai dengan hasil pandangan mata yang sebenarnya. (Suparyono : 1981)

Definisi perspektif dalam seni rupa adalah berasal dari kata bahasa Itali yakni “prospettiva” yang artinya “gambar pandangan”. Dan pengertian gambar perspektif adalah gambar ruang atau objek yang berkesan tiga dimensi sebagaimana kesan mata kita ketika melihat objek tersebut yang meliputi kesan jauh dan dekat. (Suhardiman : 1987)

Pengertian perspektif 1 titik hilang adalah gambar prespektif yang terjadi saat sebuah objek dilihat dengan garis pusat pandangan tegak lurus terhadap salah satu permukaannya. Tujuan perspektif ini adalah untuk menggambar objek yang terletak sangat dekat dengan mata. Dikarenakan letak objek yang sangat dekat, maka mata akan membuat sudut pandang yang sempit, sehingga garis-garis batas objek akan menuju ke satu titik lenyap saja.

Perspektif satu titik pada umumnya digunakan dalam desain interiordan bidang arsitektur. Dalam penggambaran perspektif 1 titik hilang ini, letak atau jarak objek yang digambar tidak terlalu menentukan. Yang terpenting adalah peletakan bidang gambar karena hal itulah yang menjadi pedoman dalam pengukuran panjang, lebar dan tinggi dari suatu objek yang  digambar.


Secara umum, pengertian perspektif dalam seni rupa adalah upaya memberi kesan ruang pada sebuah lukisan, dimana tujuannya adalah agar benda yang dilukis dalam kanvas ataupun media lain tampak benar-benar memiliki dimensi ruang. Perspektif merupakan sebuah metode dalam menggambarkan objek tiga dimensi yang komunikatif pada gambar, yang tidak nyata dan mengalami perubahan dalam pelukisan dimensi. Prinsip utama dari perspektif ini adalah objek yang letaknya lebih dekat dengan mata akan tampak lebih besar dan begitu pula sebaliknya.

Gambar perspektif juga memiliki gejala perspektif. Arti gejala perspektif adalah terbatasnya jangkauan pandangan mata sehingga seringkali tampak objek yang tidak sesuai dengan kenyataan.
Contoh gejala perspektif adalah sebagai berikut :

  • Gunung berwarna biru jika dilihat dari kejauhan, padahal warna sebenarnya adalah hijau.
  • Mulut ember terlihat berbentuk elips jika dilihat dari samping, padahal bentuk aslinya adalah bulat.
  • Tiang listik yang tingginya sama akan terlihat lebih pendek jika dilihat dari kejauhan.

Perspektif dalam seni rupa tidaklah terlalu kaku untuk menentukan besar kecilnya dimensi ruang yang dibuat. Sama halnya seperti sudut pandang pemikiran, pemahaman orang awam yang bukan seniman tentunya memiliki perbedaan perspektif dengan seorang seniman. Banyak sebagian masyarakat terkadang sedikit memicingkan mata dan menganggap rendah seniman hanya karena tidak satu tipe pemikiran dengan mereka. Namun itulah indahnya perspektif sudut pandang, karena sejatinya perspektif adalah hal yang relatif yang mana tidak ada kebenaran yang mutlak di dalamnya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian perspektif dalam seni rupa. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian dan manfaat perspektif dalam seni rupa secara umum ya ! Lihat juga pengertian korosif 🙂