PENGERTIAN PERSPEKTIF GLOBAL


  • Pengertian perspektif global itu apa sih ?
  • Apa itu perspektif global ?
  • Apa arti kata perspektif global ?
  • Apa yang dimaksud dengan perspektif global ?
  • Apa contoh perspektif global ?

Pengertian Perspektif Global


Pengertian Perspektif Global Menurut Para Ahli

Arti perspektif global adalah :

Pengertian perspektif global adalah suatu cara pandang serta cara berprilaku terhadap suatu kejadian atau masalah dari sudut kepentingan global. (Sumaatmadja & Winardit : 1999)

Definisi perspektif global adalah wawasan atau cara pandang dalam melihat dunia yang dipengaruhi oleh beberapa sudut pandang seperti, ekonomi, politik, budaya dsb yang menghubungkan globalisasi. (Suhanadji & Waspada TS : 2004)

Pengertian perspektif global adalah suatu cara berpikir atau cara pandang terhadap suatu masalah, kegiatan atau kejadian dari sudut kepentingan global / kepentingan dunia internasional. Manfaat perspektif global adalah agar kita bisa berpikir, bersikap dan berbuat untuk kepentingan global bukannya berpikir secara lokal saja layaknya katak dalam tempurung.


Secara umum, pengertian perspektif global adalah cara pandang secara menyeluruh dalam melihat sebuah objek atau masalah. Perspektif global berasal dari dua kata, yakni perspektif yang artinya cara pandang seseorang dalam melihat dan menilai sesuatu, serta global (berasal dari kata globe = bola dunia) yang artinya mendunia, meluas atau menyeluruh.

Istilah perspektif global sering digunakan dalam melihat sebuah fenomena yang terjadi di berbagai belahan dunia kehidupan manusia. Contohnya global warming dan penipisan lapisan ozon. Isu tingginya gas karbon yang dihasilkan dari kendaraan dan kebakaran hutan yang terjadi di suatu negara tidak hanya menjadi masalah pemerintah lokal saja melainkan seluruh dunia. Hal ini dikarenakan kejadian tersebut juga memberikan dampak bagi negara-negara lainnya di belahan bumi lainnya.

Contoh lainnya seperti dalam bidang pendidikan. Jika mau maju, maka kita harus melihat pendidikan secara global dan menempatkan dimana posisi kita yang sebenarnya dalam dunia pendidikan. Apakah kita mempunyai tingkat pendidikan yang maju, yang biasa-biasa saja atau malah ketertinggalan dari masyarakat lainnya. Jika memang kita ketertinggalan, maka kita harus maju seperti yang lainnya.

Perspektif global mengajarkan kita untuk tidak berfikir secara sempit. Ketika menilai sesuatu masalah ataupun fenomena, sebaiknya kita melihat dari sudut pandang yang menyeluruh dan tidak terpecah-pecah. Dengan menerapkan perspektif global, kita bisa melihat sesuatu hal secara lebih utuh dan lebih dalam makna. Selain itu, perspektif global juga dapat menumbuhkan rasa kompetisi yang pada akhirnya akan membawa kemajuan pada diri setiap orang.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian perspektif global secara umum. Semoga kalian bisa memahami hakikat dan konsep perspektif global ya ! Lihat juga pengertian perspektif atau sudut pandang 🙂