PENGERTIAN PILAR


  • Pengertian pilar itu apa sih ?
  • Apa itu pilar ? Apa arti kata pilar ?
  • Apa yang dimaksud dengan pilar demokrasi ?
  • Apa pengertian pilar kebangsaan ?
  • Apa pengertian pilar pendidikan ?

Pengertian Pilar


Pengertian Pilar Menurut Para Ahli

Arti pilar adalah :

Definisi pilar adalah pondasi atau dasar yang membentuk suatu hal baik itu yang sifatnya berwujud ataupun tidak berwujud.

Pengertian pilar adalah tiang yang digunakan sebagai penguat dalam sebuah bangunan, contohnya pilar jembatan. Pengertian pilar jembatan adalah pondasi inti yang terletak di bagian tengah, berfungsi sebagai penahan jembatan.


Pilar merupakan bagian penting dari sebuah bangunan karena ia akan menentukan kokoh tidaknya suatu bangunan. Pilar terbuat dari batu,  beton, atau material lain. Dalam bidang perkapalan juga dikenal istilah pilar yang berarti tiang untuk menopang balok geladak kapal dan konstruksi kapal yang lain. Bentuknya berupa silinder pejal atau memiliki rongga.

Istilah pilar juga memiliki makna kiasan yaitu dasar, induk, atau pokok dari sesuatu. Seperti istilah pilar demokrasi, pilar pendidikan, pilar bangsa, dan pilar ekonomi.

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar baik dari segi luas wilayah, jumlah penduduk, serta keanekaragaman penduduknya haruslah memiliki pilar yang kokoh agar dapat berdiri dengan kuat dan tidak mudah dipecah belah. Untuk itu Indonesia memilki 4 pilar kebangsaan. Hal ini dicetuskan oleh mantan ketua MPR Republik Indonesia Taufiq Kiemas. Keempat pilar itu adalah Pancasila, Bhineka tunggal ika, Undang-Undang dasar 1945, dan NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pendidikan merupakan faktor penting yang menentukan maju mundurnya sebuah bangsa. Sudah banyak kita lihat negara-negara yang dulunya terbelakang kini menjadi negara maju karena mereka fokus pada pendidikan masyarakatnya. Pendidikan juga memiliki pilar.

Pengertian pilar pendidikan adalah dasar-dasar yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai pemahaman dan pengetahuan baik secara fisik maupun mental. UNESCO atau United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization mencetuskan lima pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together, learning to believe in god.

Learning to know berarti belajar dengan tujuan untuk mengetahui sesuatu yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam kehidupan. Learning to do berarti belajar untuk melakukan sesuatu. Tidak hanya sebatas memahami konsep, seseorang juga harus mampu dan terampil dalam melakukan suatu pekerjaan karena setelah menempuh pendidikan ia akan terjun di dunia kerja untuk mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya.

Learning to be merupakan tingkatan selanjutnya dimana seseorang belajar menjadi manusia yang utuh. Tidak hanya pintar secara intelektual tetapi juga cerdas secara emosi, moral, sosial, fisik, dan spiritual. Untuk dapat berhubungan baik dan bekerjasama dengan orang lain seseorang juga harus learning to live together yaitu belajar bagaimana hidup bersama dan berdampingan dengan orang lain.

Seseorang harus mampu saling menghargai, menghormati, terbuka, dan menerima dalam berhubungan dengan orang lain. Dan pilar pendidikan terakhir tetapi sangat pentng yaitu learning to believe in god yaitu belajar untuk beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta manusia dan alam semesta.

Pengertian pilar demokrasi adalah pilar yang membentuk kekuasaan politik dalam suatu negara yaitu lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif dimana satu sama lainnya saling independen dan mempunyai level sejajar antara satu dan lainnya.

Pengertian pilar penegak masyarakat madani adalah berbagai institusi yang berperan sebagai sosial kontrol sepeti mengkritisi kebijakan pemerintah dan menolong kaum-kaum yang tertindas. Contoh pilar penegak masyarakat madani antara lain : LSM, Pers, Partai Politik dsb.

Pengertian pilar ontologi adalah pilar yang menyangkut keberadaan atau eksistensi sesuatu hal yang berguna untuk membentuk sebuah asumsi.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pilar secara umum ya ! Lihat juga pengertian pernikahan dini 🙂