PENGERTIAN PINDAI


  • Pengertian pindai itu apa sih ?
  • Apa itu pindai ? Apa arti kata memindai ?
  • Apa yang dimaksud dengan pindai ?
  • Apa yang dimaksud dengan pemindai ?
  • Apa pengertian memindai dokumen atau teks ?

Pengertian Pindai


Pengertian Pindai Menurut Para Ahli

Arti pindai adalah :

Pengertian pindai adalah melihat bagian dalam dari sesuatu hal dengan hati-hati baik itu dengan mata atau dengan mesin, bertujuan untuk mendapatkan informasi:

Pengertian pemindai sidik jari adalah seperangkat alat elektronik yang menggunakan sensor dalam menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Sensor ini akan menganalisa apakah sidik jari tersebut cocok dengan database sistem. Fingerprint Scanner ini biasanya dipakai pada ruang kantor dan bank.

Pengertian pindai virus / arti memindai virus adalah proses mencari berbagai virus yang terdapat pada sistem. Ketika virus ditemukan, kita bisa menghapus virus tersebut supaya tidak bisa merusak file dan sistem pada perangkat yang kita gunakan.


Dalam kegiatan sehari-hari kita pasti sering mendengar, membaca atau mengucapkan pindai, lalu apa itu pindai ? Pindai atau memindai berarti melihat dengan cermat dan lama. Pindai merupakan kata yang memiliki makna yang cukup luas, apalagi di era yang serba digital seperti sekarang ini. Ada penafsiran yang bermacam-macam pada kata pindai, yaitu apakah memindai yang digunakan alat elektronik atau memindai menggunakan indera manusia.

Apabila dalam dunia digital, pengertian pindai atau pemindaian dokumen adalah memeriksa dengan menggunakan alat perinderaan seperti sinar radiasi atau fitometer untuk mendapatkan informasi. Cara kerja alat pemindai adalah melewatkan berkas electron lalu diubah menjadi banyak variasi dari sifat-sifat electron yang membawa informasi secara elektronis.

Sedangkan alat yang digunakan untuk proses memindai, dinamakan pemindai yaitu berupa alat untuk mengamati atau memeriksa data yang direkam. Sedangkan prosesnya dinamakan proses pemindaian. Alat digital yang digunakan dalam proses pemindaian disebut dengan scanner. Saat ini ada begitu banyak jenis scanner yang digunakan. Ukuran dan merk yang diproduksipun sudah mempunyai fitur dan fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pemindaian juga sering dilakukan dalam kegiatan keseharian, bahkan ketika kita duduk di bangku sekolah, kita di ajarkan bagaimana melatih indera mata kita untuk memindai apa yang kita lihat dengan cepat untuk mendapatkan informasi tertentu, atau lebih dikenal dengan membaca memindai.

Apa itu membaca memindai ? Pengertian membaca memindai adalah suatu teknik membaca untuk menemukan informasi dari bacaan secara cepat dengan cara menyapu halaman-halaman secara merata untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, pemindaian dilakukan pada kegiatan seperti mencari nomor telepon di buku telepon, mencari kata di kamus, membaca jadwal penerbangan, mencari angka-angka statistik, membaca buku terindeks, dan lain-lain.

Selain teknik memabaca memindai, teknik membaca skimming pun perlu anda ketahui. Dalam teknik itu sebenarnya hampir sama dengan teknik membaca memindai. Jika dalam proses membaca memindai kita hanya perlu mencari informasi utama yang memang sedang dicari, sedangkan dalam membaca skimming kita harus membaca dari keseluruhannya kemudian mengambil informasi utama dalam bahasan tersebut.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pindai & tujuan memindai secara umum ya ! Lihat juga pengertian khidmat 🙂