PENGERTIAN PORTER DALAM HOTEL


  • Pengertian porter dalam hotel itu apa sih ?
  • Apa itu porter hotel ? Apa arti kata porter ?
  • Apa yang dimaksud dengan porter ?
  • Apa tugas porter di hotel ?

Pengertian Porter


Pengertian Porter Menurut Para Ahli

Arti porter adalah :

Pengertian porter adalah petugas hotel yang membantu melayani koper dan barang bawaan tamu baik itu yang dibawa check-in (masuk hotel) ataupun check-out (keluar hotel). (Agustinus Darsono : 2001)

Pengertian porter dalam bahasa Inggris adalah orang yang membawa barang bawaan atau mengurus bagian bagasi di sebuah stasiun kereta api atau hotel. Porter juga dapat diartikan sebagai orang yang pekerjaannya adalah melakukan pembersihan dan pemeliharaan  di sebuah gedung, pabrik, toko, dll.


Pengertian porter di hotel adalah salah satu bagian dari departemen dalam perhotelan yang memiliki tugas berhubungan langsung dengan tamu. Tugas tersebut yaitu membawakan barang tamu ke dalam kamar, menjemput tamu yang ada di bandara atau stasiun, mengantar tamu ke meja pendaftaran, menjaga kebersihan lobby, dan menjelaskan seluruh fasilitas yang disediakan hotel kepada tamu. Porter disebut juga uniformed services .

Porter dalam dunia perhotelan merupakan profesi penting yang sangat dibutuhkan untuk kenyamanan tamu pengunjung hotel. Kegiatan tamu yang dilayani oleh porter tidak terbatas saat tamu datang ke hotel dan memilih kamar saja, akan tetapi porter juga harus mengurusi masalah pindah kamar oleh tamu, serta penitipan barang-barang tamu yang bersifat penting.

Jenis porter juga berbeda-beda, tergantung besar kecilnya hotel. Porter juga masih dibagi lagi dalam berbagai seksi dan disesuaikan dengan tugasnya masing-masing antara lain :

1. Concierge
Fungsi mengatur jadwal kerja bawahan, menetapkan tugas bawahan, dan melaksanakan latihan untuk bawahan.

2. The Ball Captain
Fungsi mengawasi kerja bawahan di seksi concierge, melaksanakan inspeksi untuk bawahan.

3. Bellboy
Fungsi mengangkut barang tamu dari datang (check in) hingga (check out) serta pindah kamar. Mengantar tamu ke kamar, menjaga kebersihan lobby, dan sebagainya.

4. Doorman
Membuka dan menutup pintu kendaraan tamu, menjaga kebersihan teras hotel, mengatur parkir kendaraan dan memanggil taksi.

5. Elevator Operator
Mengoperasikan lift, mengantar tamu dengan lift, menjaga lift serta mencegah tamu menggunakan lift sendiri.

6. Pageboy
Menyampaikan pesan pada tamu dari berbagai media, seperti loudspeaker.

7. Message Boy
Mengantar surat titipan, surat kabar, dan surat penting lainnya.

Tujuan pembentukan banyak seksi dan karyawan dalam hotel sebenarnya hanya untuk kenyamanan dan kepuasan tamu atau pelanggan hotel, karena apabila pelayanan tidak memuaskan, mustahil bagi seorang tamu untuk kembali menginap ke hotel tersebut.

Sebuah hotel sekelas bintang lima selalu memiliki karyawan dengan tugas masing-masing yang lengkap dan detail serta menjadikan kepuasan tamu sebagai tujuan terpenting, dan hotel biasa atau hotel skala kecil memiliki karyawan yang tidak sebanyak hotel bintang lima bahkan biasanya satu karyawan merangkap dengan dua atau lebih tugas.


Oke itulah penjelasan pengertian porter dalam perhotelan secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian porter hotel & tugas porter secara umum ya ! Lihat juga pengertian yustisi 🙂