PENGERTIAN PRAMUNIAGA DAN TUGASNYA


  • Pengertian pramuniaga dan tugasnya itu apa sih ?
  • Apa itu pramuniaga ? Apa arti kata pramuniaga ?
  • Apa yang dimaksud dengan pramuniaga ?
  • Apa pengertian pramuniaga toko ?
  • Apa pekerjaan pramuniaga ?

Pengertian Pramuniaga


Pengertian Pramuniaga Menurut Para Ahli

Arti pramuniaga adalah :

Definisi pramuniaga adalah seseorang yang bekerja melayani pembeli di suatu toko atau pasar swalayan. Pada umumnya pramuniaga selalu siap untuk membantu mencarikan barang yang dibutuhkan pembeli.

Pengertian pramuniaga adalah karyawan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan yang tugas utamanya adalah melayani konsumen. Dari definisi tersebut, istilah pramuniaga berlaku secara umum sehingga penjaga toko konvensional pun dapat disebut pramuniaga.

Pengertian pramuniaga di indomaret adalah seluruh pegawai dan penjaga yang sedang bertugas toko indomaret termasuk kasir dan pegawai lainnya yang siap membantu pembeli.


Jika teman-teman berbelanja ke pasar modern seperti minimarket atau supermarket pasti sering melihat karyawan yang bertugas melayani pembeli, mereka disebut juga pramuniaga atau penjaga toko.

Sebagian orang menganggap remeh profesi ini. Padahal pramuniaga memegang peranan penting karena merekalah yang berhubungan langsung dengan konsumen. Seorang pramuniaga pada dasarnya merupakan perwakilan perusahaan.

Jika seorang pramuniaga dapat melayani konsumen dengan baik dan dapat membuat mereka puas maka konsumen akan mengingat perusahaan tersebut dengan citra positif dan hampir dipastikan ia akan kembali berbelanja bahkan merekomendasikan ke teman-temannya.

Sebaliknya jika seorang pramuniaga tidak melayani konsumen dengan baik bahkan memberi kesan negatif maka akan berdampak negatif bagi perusahaan. Konsumen enggan berbelanja lagi bahkan menyebarkan pengalaman buruknya ke orang lain sehingga citra perusahaan menjadi negatif.

Pada dasarnya tugas seorang pramuniaga meliputi pelayanan konsumen dan pengelolaan barang atau jasa yang dijual. Seorang pramuniaga harus dapat melayani konsumen dengan baik dan memuaskan dengan memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen seperti menginformasikan kualitas barang dengan benar sampai bagaimana cara perawatannya.

Pramuniaga juga harus menampung keluh kesah dan komplain konsumen sebagai masukan untuk perbaikan perusahaan. Pramuniaga juga harus dapat membentuk kepercayaan konsumen terhadap kualitas perusahaan dan barang yang dijual. Pramuniaga juga sebaiknya dapat menebak apa kebutuhan konsumen dan membantu konsumen menemukan barang yang dibutuhkan.

Pramuniaga juga bertugas mengelola barang-barang seperti menyusun barang dengan sistem FIFO (First In First Out) dimana barang yang lebih dahulu masuk diletakkan paling depan serta memperhatikan tanggal kadaluarsanya terutama untuk produk obat-obatan, minuman, dan makanan.

Barang juga harus disusun sesuai kategorinya sehingga mudah ditemukan dan jangan sampai sebuah barang menutupi barang lainnya hingga tidak kelihatan. Memasang label harga barang dengan benar dan lengkap serta selalu memperbarui setiap ada perubahan. Memeriksa barang-barang yang rusak dan memindahkannya ke tempat yang telah ditentukan. Selalu menjaga kebersihan dan kerapian barang. Selalu memeriksa stok barang dan melaporkannya ke atasan agar tidak mengalami kekosongan stok barang. Bertanggung jawab terhadap barang-barang yang dijual termasuk jika terjadi kehilangan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pramuniaga dan tugasnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami arti dari pramuniaga & tugas pramuniaga ya ! Lihat juga pengertian pilar 🙂