PENGERTIAN PRAMURIA


  • Pengertian pramuria itu apa sih ?
  • Apa itu pramuria ? Apa arti kata pramuria ?
  • Apa yang dimaksud dengan pramuria ?
  • Apa persamaan kata pramuria / sinonim pramuria ?

Pengertian Pramuria


Pengertian Pramuria Menurut Para Ahli

Arti pramuria adalah :

Pengertian pramuria adalah seseorang yang bertugas sebagai pelayan yang membuat suatu kesenangan dan kebahagiaan kepada siapapun yang membutuhkannya.

Definisi pramuria adalah karyawati tempat hiburan yang melayani dan menemani pengunjung atau tamu yang datang.


Pekerjaan sebagai pramuria dipandang sebagai pekerjaan yang rendah dan tidak bermoral baik dari segi agama maupun dalam pandangan masyarakat. Jarang ada orang yang mau mengakui pekerjaannya sebagai pramuria, jika ditanya biasanya mereka hanya menyebut bekerja di bidang entertainment karena merasa malu dengan pekerjaannya. Masyarakat pun biasanya memandang sinis orang-orang yang bekerja sebagai pramuria.

Istilah pramuria dalam bahasa Indonesia berasal dari dua kata yaitu pramu yang artinya bekerja dalam bidang jasa atau pelayanan dan ria yang artinya gembira atau suka cita. Sehingga dapat diartikan pramuria adalah orang yang bekerja melayani orang lain untuk memberikan kesenangan atau kegembiraan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia pramuria berarti karyawati tempat hiburan yang bertugas menemani dan melayani tamu atau pengunjung.

Pramuria sering disamakan dengan wts atau wanita tuna susila, psk atau pekerja seks komersil, atau pelacur. Jika kira merujuk pada pengertian pramuria maka hal ini tidak sepenuhnya benar, jika yang dimaksud wts, psk, atau pelacur adalah orang yang menjual jasa pelayanan seks maka pramuria tidak termasuk ke dalamnya karena pada dasarnya tugas seorang pramuria adalah menemani dan melayani kebutuhan tamu sehingga tamu merasa senang dan terhibur. Walaupun pada prakteknya banyak pramuria yang sekaligus menjual jasa pelayanan seks.

Fenomena munculnya jenis pekerjaan ini tidak lepas dari maraknya bermunculan tempat hiburan malam khususnya di kota besar. Jika kita menelaah buku jakarta undercover karangan moammar emka, kita akan mendapati fakta ada begitu banyak tempat hiburan malam yang tersebar di jakarta dengan berbagai variasinya. Mulai dari yang biasa saja sampai yang tidak terbayangkan oleh kita sebagai masyarakat timur. Banyaknya tempat hiburan malam tentu membuka lapangan kerja yang luas bagi pramuria.

Pekerjaan sebagai pramuria menjadi pilihan sebagian orang karena pekerjaan ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan materi. Biasanya tamu akan meninggalkan tip yang cukup besar jika pelayanan yang diberikan memuaskan. Selain itu pekerjaan ini dilakoni sebagian orang karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di kota besar dimana persaingan sangat ketat.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian seorang pramuria. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pramuria secara umum ya ! Lihat juga pengertian weight note 🙂