PENGERTIAN PRAMUSAJI


  • Pengertian pramusaji restoran itu apa sih ?
  • Apa itu pramusaji ? Apa arti kata pramusaji ?
  • Apa yang dimaksud dengan pramusaji ?
  • Apa saja jenis jenis pramusaji ?
  • Apa saja karakteristik pramusaji ?

Pengertian Pramusaji


Pengertian Pramusaji Menurut Para Ahli

Arti pramusaji adalah :

Pengertian pramusaji adalah karyawan yang bertugas melayani kebutuhan makanan dan minuman konsumen secara profesional.

Definisi pramusaji adalah petugas penyaji makanan dan minuman yang berhadapan langsung dengan konsumen sehingga seorang pramusaji harus tampil dengan baik.

Pengertian pramusaji rumah sakit adalah seseorang yang bekerja dalam bidang penyajian makanan dan minuman kepada konsumen atau pasien di rumah sakit. (Fera : 2009)


Sebuah restoran, kafe, atau usaha sejenis selain menjual makanan atau minuman juga menjual pelayanan. Walaupun bukan produk utama akan tetapi pelayanan sebuah restoran merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan.

Seenak dan sebagus apapun kualitas makanan dan minuman yang dijual jika tidak diiringi dengan pelayanan yang baik tidak akan membuat konsumen loyal. Konsumen akan enggan kembali jika mereka pernah mendapat pengalaman buruk dengan sebuah restoran, seperti pramusaji yang tidak sopan, pesanan yang terlambat datang, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu peran pramusaji sangat penting dalam sebuah restoran. Pramusaji harus mampu mengetahui dan mencatat apa yang dibutuhkan konsumen dan menyajikannya dengan benar. Juga harus mampu menjelaskan dan memberikan alternatif kepada konsumen jika dibutuhkan.

Misalnya jika ada menu yang kurang dipahami konsumen maka pramusaji harus dapat menjelaskannya dengan baik dan benar sehingga konsumen paham bahkan tertarik untuk memesannya. Untuk itu pramusaji harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai menu yang dihidangkan.

Secara fisik pramusaji harus sehat dan berpenampilan menarik seperti memiliki pendengaran yang baik, memiliki gigi dan kuku yang bersih, tidak sedang menderita penyakit menular, tidak memiliki cacat fisik, dan lain-lain.  Penampilannya pun harus baik dan menarik seperti cara berdiri yang tegap, seragam yang digunakan harus bersih dan rapi, tidak berdandan yang berlebihan, rambut, kumis, ataupun jenggot harus rapi, serta terhindar dari bau mulut dan bau badan.

Tidak hanya penampilan fisik, seorang pramusaji juga harus memiliki kecakapan non fisik seperti sehat rohani dalam artian tidak memiliki gangguan jiwa, stres, atau depresi. Harus mampu berkomunikasi dengan baik sehingga kemampuan berbahasa asing juga menjadi pertimbangan diterima atau tidaknya seseorang menjadi pramusaji.

Minimal ia mampu berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Apalagi untuk restoran yang konsumennya sebagian besar orang asing. Pramusaji juga dituntut memiliki sikap yang baik seperti ceria, percaya diri, tidak sombong, murah senyum, serta cepat tanggap dan terampil dalam bertindak.


Itualah penjelasan singkat tentang definisi kata pramusaji. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pramusaji secara umum ya ! Lihat juga pengertian pramuniaga 🙂